√ 8 Penyebab & Cara Atasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Keybord menjadi perangkat keras yang paling penting dalam komputer. Namun sering kali Keybord mengalami masalah serius sehingga membuatnya tidak berfungsi dengan baik. Ini tentu akan sangat menjengkelkan, terutama jika kamu sedang dikejar banyak sekali kerjaan. Lantas bagaimana cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi?

Ada banyak yang membuat sebuah keyboard laptop jadi tidak berfungsi, mulai dari terlalu lama digunakan, jarang digunakan, tidak dirawat dengan baik, hardware rusak, atau bermasalah dengan driver keyboard. Nah buat kamu yang pusing dengan masalah tersebut, artikel ini akan jadi referensi terbaik yang kamu temukan.

Faktor Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

keyboard laptop tidak berfungsi

Keyboard bisa mengalami kerusakan dan kehilangan fungsinya karena diakibatkan beragam faktor. Faktor penyebabnya bisa jadi dari internal keyboard laptop itu sendiri ataupun dari luar. Adapun beberapa faktor yang bisa membuat rusak keyboard laptop di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Keyboard Kotor & Tidak Pernah Dibersihkan

Faktor pertama yang bisa menyebabkan keyboard laptop menjadi rusak adalah dari sisi pemakaian yang jorok. Keyboard laptop yang tidak pernah dibersihkan sama sekali pasti lambat laun akan mengalami kerusakan. Ini masih merupakan gejala dan masalah ringan. Karena jika penyebabnya ini, maka keyboard laptop tidak berfungsi ini bisa diatasi dengan mudah.

2. Terkena Air dalam Waktu Lama

Nah kalo faktor kedua ini mungkin bisa diakibatkan oleh kelalaian kita sebagai user. Ini juga sering terjadi, biasanya paling sering terkena air kopi. Kadang kalo lagi kerja, biasanya enak sambil minum kopi tanpa sadar, kopi tumpah ke keyboard laptop.

3. Terlalu Lama Digunakan

Keyboard laptop yang telalu lama digunakan juga bisa mengalami kerusakan pada sistem mereka yang bisa mengakibatkan kerusakan pada keyboard. Sama halnya dengan perangkat elektronik lainnya, keyboard laptop juga akan mengalami kerusakan jika sudah terlalu lama digunakan. Maka dari itu, perhatikan masa pakainya, jika sudah terlalu lama digunakan, wajar saja jika mengalami kerusakan.

4. Pemakaian yang Tidak Wajar

Jika keyboard laptop digunakan dengan tidak wajar, pasti juga akan mengalami kerusakan. Biasanya jika keyboard laptop digunakan untuk bermain game dalam waktu yang lama, maka akan mengalami kerusakan. Saat bermain game, secara tidak sadar anda sudah menekan tombol keyboard terlalu keras alhasil bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen dalam keyboard.

5. Masalah Software

Jika laptop kamu tidak bisa diakses semuanya dengan baik, maka sudah dipastikan hal itu disebabkan oleh kerusakan pada software  keyboard laptop yang kamu gunakan. Driver keyboard mengalami kerusakan yang membuatnya tidak dapat berfungsi dengan normal.

6. Masalah Hardware

Faktor terakhir yang bisa jadi penyebab keyboard laptop tidak berfungsi adalah karena adanya masalah pada hardware keyboard. Namun biasanya jika ada masalah pada hardware kamu masih bisa menggunakan beberapa tombol keybord. Hanya sebagian keyboard saja yang mengalami kerusakannya.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

keyboard laptop tidak berfungsi

Cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi sebenarnya sangatlah mudah. Ada banyak cara yang dapat kamu gunakan untuk memperbaikinya. Mulai dari cara yang paling sederhana hingga dengan cara melakukan pergantian keyboard laptop dengan yang baru. Adapun beberapa cara sederhana yang bisa kamu gunakan untuk perbaiki keyboard laptop yang rusak, bisa kamu gunakan langkah berikut:

1. Bersihkan Laptop dari Debu

Cara pertama yang dapat kamu  gunakan untuk membersihkan keyboard laptop yang tidak berfungsi adalah dengan membersihkannya dari kotoran dan noda. Jika kamu punya alat untuk membuka keyboardnya, maka kamu buka dan bersihkan bagian dalam keyboard. Jika tidak, kamu bisa gunakan koas untuk menjangkau area dalam keyboard.

  • Siapkan koas bekas cat atau sikat gigi
  • Siapkan juga minyak kayu putih
  • Jangan lupa siapkan juga vakum penyedot debu laptop
  • Bersihkan dulu keyboard laptop dengan menggunakan vakum debu
  • Kemudian kamu tuangkan kayu putih ke koas yang sudah disiapkan tadi
  • Sikat keyboard laptop dengan menggunakan koas yang sudah kamu lumuri dengan kayu putih
  • Sikat hingga bersih
  • Setelah itu, kamu lap menggunakan tisu

2. Restart Laptop

Cara kedua yang bis kamu gunakan untuk mengatasi masalah keyboard laptop tidak berfungsi adalah dengan melakukan restart. Cara ini dilakukan bertujuan untuk mengembalikan sistem keyboard laptop yang mengalami eror. Cara ini tidak sepenuhnya dapat mengatasi keyboard laptop yang rusak. Cara ini bisa dilakukan jika keyboard laptop kamu terjadi eror saja.

  • Tekan tombol windows atau start
  • Kemudian pilih restart PC
  • Tunggu beberapa saat hingga laptop nyala kembali
  • Tes dan gunakan kembali laptop kamu

3. Instal Ulang Driver Laptop

Jika faktor tidak berfungsinya keyboard laptop kamu diakibatkan oleh driver laptop yang eror atau terjadi crash, maka sebaiknya kamu instal ulang saja driver keyboard laptop kamu dengan menggunakan driver dari bawaan laptop. Cara ini dianggap paling ampuh untuk atasi masalah driver keyboard laptop yang tidak berfungsi dengan baik.

  • Masukkan kaset Driver laptop ke laptop kamu
  • Kemudian kamu klik instal dan ikuti proses instalasi driver tersebut
  • Proses instalasi akan membutuhkan waktu kurang lebih 10-15 menit
  • Setelah proses instalasi driver selesai, silahkan kamu restart laptop kamu tersebut
  • Test keyboard laptop kamu

4. Gunakan Keyboard Eksternal

Ini merupakan cara  paling mudah digunakan untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi dengan baik. Anda bisa menggunakan keyboard laptop eksternal yang dijual dengan bebas di pasaran. Anda tinggal beli saja sesuai dengan bentuk dan jenis keyboard yang anda butuhkan. Biasanya di luar ada banyak jenisnya.

Ada keyboard laptop USB ada juga yang colokan non USB. Pastikan kamu beli sesuai dengan jenis konektor keyboard yang ada di laptop. Karena jika tidak sesuai, tentu tidak akan dapat dihubungkan dengan perangkat laptop kamu.

  • Cek dulu jenis USB keyboard kamu
  • Pilih jenis keyboard eksternal yang kamu butuhkan
  • Saran saya pilih dan beli keyboard eksternal yang menggunakan USB saja agar mudah didapatkan dan juga bisa dipasang pada semua jenis laptop. Selain itu, harganya juga lebih murah, biasanya hanya berkisar di harga Rp.85.000 hingga Rp.220.000 saja
  • Kemudian pasang pada perangkat laptop kamu
  • Silahkan kamu coba dan gunakan

5. Bawa ke Tukang Services

Cara terakhir yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah keyboard laptop tidak berfungsi adalah dengan membawa laptop kamu ke tukang service. Hal ini kamu lakukan jika ke 4 cara di atas memang sudah tidak bisa mengatasi keyboard laptop kamu yang rusak.

Selain itu, cara ini juga sangat direkomendasikan buat kamu yang memang tidak mau ribet untuk services keyboard laptop sendiri di rumah. Kamu hanya tinggal keluarkan uang saja untuk benerin keyboard laptop. Namun biasanya, jika sudah dibawa ke tukang services, mereka pasti akan memberikan solusi untuk ganti keyboard laptop lenovo. Karena kalo services saja prosesnya pasti rumit. Maka solusinya adalah ganti keyboard dengan part yang baru.

 

Seseorang Yang Tertarik Dalam Mengembangkan Hardskill Dan Soft Skill

Tinggalkan komentar