Tips Membeli Laptop Bekas Online

1 min read

Tips Membeli Laptop Bekas Online

Ini tips membeli laptop bekas online agar tidak tertipu. Membeli laptop bekas tentu sangat beresiko terlebih ketika kamu membelinya secara online.

Dimana pengguna tidak bisa mengecek kondisi laptop yang akan dibeli terlebih dahulu sebelum deal pembayaran. Karena itulah ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Sebaik-baiknya membeli laptop bekas, usahakan membeli laptop dengan cara offline saja, kamu bisa melakukan COD dan cek kondisi barang dan langsung melakukan pembayaran ditempat.

Walaupun mungkin kesibukan yang kamu miliki memungkinkan kamu tidak dapat membeli laptop bekas secara offline, karena itulah lebih memilih membeli laptop online saja.

Berikut ini beberapa tips membeli laptop bekas online yang harus kamu perhatikan agar dapat mengurangi resiko penipuan ketika membeli secara online.

Tips Membeli Laptop Bekas Online

Tips Membeli Laptop Bekas Online

Silahkan simak berikut ini beberapa tips membeli laptop bekas online yang bisa kamu coba. Pastikan hati-hati dalam membeli barang secara online agar tidak tertipu.

Menggunakan Toko Online Terpercaya

Membeli laptop secara online tentu saja kamu tidak dapat mengecek barang tersebut seperti membeli secara offline.

Dimana barang akan langsung dikirim ke alamat kamu setelah barang tersebut dibeli. Akan tetapi tips agar tidak tertipu adalah melalui perantara toko online.

Ada banyak toko online yang bisa kamu coba, seperti Tokopedia, Shopee atau Bukalapak. Dimana setelah barang kamu terima, uang akan tertahan di Toko Online tersebut sebelum pemilik memastikan bahwa barang tersebut bagus.

Sehingga jika laptop yang kamu beli secara online memiliki kekurangan, kamu sendiri bisa mengajukan komplain. Nantinya pihak Toko Online kana memandu kamu baik pembeli dan penjual.

Barang yang rusak dapat dikembalikan dan uang kamu akan aman dan dapat kamu dapatkan kembali melalui perantara tersebut.

Proses transaksi ini sangat dianjurkan terlebih ketika berbelanja laptop bekas secara online.

Baca Juga: Cara Cek VGA Laptop Rusak atau Tidak

Cara Seller Dengan Rating Bagus

Membeli barang bekas yang harus kamu pastikan adalah rating yang bagus, dimana kamu bisa mendapatkan seller terbaik di beberapa toko online baik Shopee, Bukalapak atau Tokopedia.

Dengan rating yang bagus dan banyak pembeli yang puas setelah membeli laptop bekas maka poin ini hal yang wajib kamu dapatkan.

Atau kamu bisa mencoba membeli laptop bekas reviewer dari Youtuber, dimana mereka biasanya akan menjual kembali laptop yang sudah di review melalui Toko Online pribadi mereka.

Kualitas pada laptop tentu sudah dapat kamu ketahui melalui video yang mereka review dan bahkan penggunaan laptop hanya sebagai unboxing saja sehingga laptop hampir sama seperti baru.

Hindari Membeli Laptop Bekas di Instagram

Walaupun tidak semua, membeli laptop bekas di Instagram sangat beresiko akan penipuan.

Instagram tidak memiliki fitur jual beli seperti layaknya pada aplikasi E-Commerce, dimana biasanya beberapa orang melakukan penjualan barang di Instagram secara Direct Sell.

Artinya, pembeli biasanya akan menghubungi seller melalui DM, kemudian melakukan transfer dan mungkin saja seller tidak melakukan pengiriman.

Hingga saat ini sudah banyak korban penipuan melalui Instagram, walaupun tidak semua seller di Instagram melakukan penipuan.

Baca Juga: Ciri-Ciri LCD Laptop Rusak Serta Cara Memperbaikinya

Perjanjian Retur Barang

Terakhir adalah dengan melakukan perjanjian retur jika dalam beberapa waktu laptop bekas kamu mengalami masalah.

Kamu bisa meminta pihak seller untuk menentukan waktu retur jika dalam kurang waktu tertentu laptop akan mengalami masalah.

Jika kedua pihak sudah sepakat, berikutnya kamu bisa melakukan proses jual beli laptop bekas, usahakan menggunakan e-commerce seperti cara pertama.

Demikian diast merupakan beberapa tips membeli laptop bekas online yang bisa kamu coba agar tidak tertipu ketika menjalankannya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *