Penyebab Laptop Ngelag dan Cara Mengatasinya

1 min read

Penyebab Laptop Ngelag

Apa saja sih penyebab laptop ngelag? Pastinya ada banyak hal yang dapat mempengaruhi masalah pada laptop, masala ini harus kamu perhatikan atau kalau bisa harus memperbaikinya.

Ngelag merupakan salah satu masalah yang akan mengganggu jalannya aktivitas ketika menggunakan laptop, khususnya ketika kamu sedang bermain game.

Adanya lag ini memiliki banyak penyebab yang harus diketahui dan harus kamu benahi agar tidak terjadi masalah serius kedepannya.

Oleh karena itu, ketahui beberapa penyebab masalah laptop sering mengalami ngelag ketika digunakan, supaya nantinya kamu dapat mengatasinya dengan benar.

Beberapa Penyebab Laptop Ngelag dan Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Ngelag dan Cara Mengatasinya

Berikut ini deretan penyebab laptop ngelag sekaligus bagaimana cara mengatasinya, silahkan simak ulasannya selengkapnya dibawah ini.

Terlalu Banyak Install Software

Pertama, penyebab laptop ngelag dikarenakan kamu terlalu menginstall banyak aplikasi atau software pada perangkat.

Banyaknya aplikasi ini akan membuat laptop semakin berat, sehingga bagi kamu yang memiliki laptop dengan spesifikasi pas-pasan akan muda ngelag.

Oleh karena itulah, hindari penggunaan laptop yang berlebihan, misalnya hanya menginstall aplikasi yang dibutuhkan saja, dan hapus aplikasi yang jarang digunakan.

Untuk mengatasi laptop ngelag karena hal ini, kamu bisa menghapus aplikasi yang sudah terinstall saat ini, dan pastinya gunakan aplikasi yang benar-benar penting saja, sehingga tidak memberatkan laptop kamu.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Freeze

RAM Terlalu Kecil

Penyebab laptop ngelag berikutnya adalah karena RAM pada laptop yang terlalu kecil, masih banyak laptop dengan RAM 2GB atau 4GB.

Yang mana standar RAM untuk tahun saat ini minimal 8GB yang dapat menunjang banyak aktivitas pekerjaan kamu atau untuk sekedar bermain game ringan.

Sedangkan untuk mengatasinya terbilang cukup mudah, disini kamu hanya perlu untuk mengupgrade RAM pada laptop sehingga memberikan ruang lebih ketika menggunakan aplikasi.

Menggunakan Software Bajakan

Menggunakan banyak software bajakan pada laptop juga akan menyebabkan laptop kamu ngelag.

Software bajakan tentu saja akan sangat berbahaya, bisa saja adanya virus, dan software juga sering mengalami masalah sepert crash dan lain-lain.

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin mengatasinya, kamu bisa menghindari penggunaan dari software bajakan dan menggunakan software original.

Hindari Overheat

Berikutnya, penyebab laptop ngelag adalah karena laptop terlalu panas atau overheat, masalah ini biasanya didapatkan dari penggunaan yang berlebihan.

Masalah overheat harus kamu hindari agar laptop tidak mudah rusak, adanya panas inilah yang membuat laptop tidak optimal ketika digunakan dan terjadinya lag.

Untuk mengatasinya, silahkan coba gunakan laptop seperlunya saja dan jangan berlebihan.

Software Crash

Software mengalami crash atau error juga merupakan penyebab laptop sering ngelag, jika kamu mengalami hal ini, pastikan untuk mengetahui minimal spesifikasi untuk menggunakan software tersebut.

Jangan sampai, kamu menggunakan laptop dengan processor Celeron namun menggunakan software seperti Photoshop atau Adobe Premiere. Sehingga akan mengalami masalah lag.

Nah untuk mengatasinya cukup mudah, kamu harus menyesuaikan software yang kamu gunakan, dan jangan berlebihan menginstall aplikasi.

Adanya Virus

Terakhir, masalah penyebab laptop ngelag adalah karena adanya virus pada laptop. Virus ini lah yang menjadi titik berbagai masalah pada laptop kedepannya.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan aplikasi antivirus, atau dengan menjaga laptop agar tidak digunakan sembarang sehingga akan terhindar dari virus.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Hang Tidak Bergerak

Nah itu saja deretan penyebab laptop ngelag serta bagaimana cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *