Penyebab Laptop Mati Sendiri Ketika di Charge

2 min read

Penyebab Laptop Mati Sendiri Ketika di Charge

Ini beberapa penyebab laptop mati sendiri ketika di charge. Seperti yang kamu ketahui laptop merupakan perangkat elektronik yang kerap mengalami masalah.

Biasanya umur dari perangkat laptop akan tergantung dari cara pemakaian pengguna, ada yang cepat rusak dan ada yang tahan lama.

Selama penggunaannya, tentu kamu akan mengalami berbagai masalah pada laptop, salah satunya adalah laptop mati sendiri ketika di charge.

Masalah ini memang sering ditemui, sebagai pengguna kamu juga pastinya ingin mengetahui apa saja penyebab laptop mati sendiri ketika di charge.

Oleh karena itu, berikut ini Lenovoku akan membahas mengenai apa saja penyebab laptop mati sendiri ketika di charge. Kamu bisa mengetahuinya dibawah ini.

Penyebab Laptop Mati Sendiri Ketika di Charge

Penyebab Laptop Mati Sendiri Ketika di Charge

Berikut ini beberapa penyebab laptop mati sendiri ketika di charge, kamu bisa mengetahui titik masalah dan juga solusi untuk mengatasinya.

Masalah Pada Baterai

Baterai merupakan komponen yang sangat penting untuk daya hidup laptop, jika terjadi masalah pada baterai, maka salah satu masalahnya adalah penyebab laptop mati sendiri ketika di charge.

Kamu bisa cek kondisi baterai terlebih dahulu, apakah ada masalah atau tidak, untuk memastikannya kamu bisa mencoba untuk melepaskan baterai dan menghidupkan laptop.

Jika berhasil hidup tanpa baterai, kamu bisa mengganti baterai dengan yang baru, sehingga masalah kamu dapat teratasi.

Baca Juga: Penyebab Laptop Tiba-Tiba Mati Padahal Baterai Penuh & Cara Mengatasinya

Kipas Pendingin Kotor dan Berbeda

Kipas pendingin hampir ada pada semua laptop, kecuali perangkat laptop yang menggunakan SoC seperti Macbook M1, dan beberapa tablet PC.

Seiring dengan pemakaian, akan muncul berbagai masalah pada kipas pendingin, seperti kotor dan lainnya, kamu bisa mengatasinya dengan mudah. Hal ini akan mengakibatkan laptop panas atau overheat sehingga mati sendiri.

Untuk mengatasinya, silahkan bersihkan debu dan kotoran pada kipas pendingin, dengan cara menggunakan kompresor angin atau membuka bagian laptop.

Perhatikan Arus Listrik

Arus listrik juga wajib untuk kamu perhatikan terutama ketika ngecas, pasalnya ketika laptop dalam keadaan lowbat malah akan membuat penyebab laptop mati sendiri ketika di charge.

Misalnya ketika kamu charge laptop, namun kondisi arus listrik yang tidak stabil, hal ini akan membuat perangkat laptop kamu akan mendapatkan masalah.

Jadi pastikan listrik di rumah kamu aman agar tidak terjadi masalah ketika charge di laptop.

Laptop Overheat

Laptop overheat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari penggunaan, virus, thermal paste yang kering hingga masalah pada kipas, hal ini menyebabkan laptop akan mati jika mengalami panas.

Bagi kamu yang mengalami masalah laptop mati sendiri ketika di charge, mungkin penyebabnya adalah Overheat, untuk memastikannya silahkan cek suhu pada laptop.

Sedangkan untuk mengatasinya adalah dengan membuat laptop tetap dingin, misalnya tidak melakukan kegiatan yang berat, kemudian memakai laptop sewajarnya dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Laptop Tiba-Tiba Locking dan Shutdown Otomatis

Adanya Virus

Berikutnya adalah adanya virus pada laptop yang menyebabkan laptop mati sendiri ketika di charge. Kamu harus cek dengan hati-hati mengenai masalah ini.

Untuk memastikannya, silahkan gunakan anti virus pada laptop, kemudian scan hingga virus benar-benar bersih, silahkan charge apakah sudah berhasil atau tidak.

Laptop Sudah Tua

Semakin hari perkembangan laptop akan terus berkembang, biasanya yang mengalami masalah laptop mati sendiri ketika di charge disebabkan karena memang laptop sudah tua.

Laptop lama biasanya menggunakan chipset yang lemot untuk digunakan di tahun ini, hal inilah yang membuat laptop sudah tidak sanggup untuk digunakan. Untuk mengatasinya silahkan beli laptop baru.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Setelah Beberapa Menit Dihidupkan

Nah itu saja untuk deretan penyebab laptop mati sendiri ketika di charge. Semoga saja dapat berguna dan bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Sampai jumpa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *