Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala Lampu Indikator Hanya Berkedip

1 min read

Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala Lampu Indikator Hanya Berkedip

Ini cara mengatasi laptop tidak mau menyala lampu indikator hanya berkedip dengan mudah agar masalah pada laptop dapat teratasi.

Ada banyak masalah yang terjadi pada sebuah laptop, selain itu untuk mengatasinya juga berbeda tergantung kerusakan pada laptop itu sendiri.

Yang mana biasanya walaupun laptop kamu tidak nyala namun indikator laptop hidup, hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal.

Namun yang pasti, pusat masalah ada pada komponen di dalam laptop, sebelum kamu mengatasinya, kamu harus terlebih dahulu penyebab dan bagaimana untuk mengatasinya.

Bagi kamu yang ingin tahu cara mengatasi laptop tidak mau menyala lampu indikator hanya berkedip agar dapat menyelesaikan masalah pada laptop, simak berikut ini.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala Lampu Indikator Hanya Berkedip

Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala Lampu Indikator Hanya Berkedip

Berikut ini beberapa penyebab serta cara mengatasi laptop tidak mau menyala lampu indikator hanya berkedip. Simak baik-baik untuk artikel berikut ini.

Kabel Fleksibel Rusak

Kabel fleksibel merupakan komponen yang menghubungkan mesin pada laptop ke layar, sehingga jika komponen ini rusak, maka layar akan mati, sedangkan lampu power hidup dan berkedip.

Jika bagian ini rusak, biasanya dapat kamu cek dengan cara mengets bagian cpu atau audio pada laptop, jika audio terdengar suara Windows, dan kipas nyala, maka bagian inilah yang rusak.

Untuk mengatasinya, silahkan service bagian kabel fleksibel, dan pastikan kamu pergi ke service center resmi karena memang untuk mengganti kabel fleksibel butuh keahlian khusus.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Cek Bagian RAM

RAM merupakan salah satu komponen yang mudah rusak selain motherboard, yang mana biasanya jika RAM mengalami masalah akan membuat layar laptop no display.

Masalah RAM biasanya disebabkan karena arus listrik tidak stabil atau laptop sering dimatikan paksa akibat mati listrik atau masalah lainnya.

Untuk mengatasi hal ini, pertama kamu bisa mencopot RAM kemudian memasangnya kembali, jika belum berhasil, coba bersihkan RAM siapa tau kotor dan berdebu.

Jika belum berhasil, langkah terakhir adalah dengan mengganti RAM dengan unit baru.

Kerusakan pada SSD atau Harddisk

Kerusakan pada Hardisk atau SSD juga sering menyebabkan laptop hidup namun tidak tampil, yang mana semua data OS Windows biasanya di install pada komponen ini.

Akan tetapi, jika rusak pada bagian SSD atau Harddisk pengguna akan masuk ke mode BIOS, namun masih tidak dapat masuk ke Windows.

Untuk mengatasinya, silahkan ganti komponen hardisk atau SSD yang terpasang dengan SSD yang lain, dan coba kembali hidupkan serta install ulang Windows kembali.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Charger Hidup

Cek Bagian Baterai Laptop

Baterai merupakan komponen yang menyimpan daya yang nantinya akan disalurkan ke komponen lain di laptop, yang mana jika bermasalah maka laptop kamu tidak akan hidup.

Kerusakan pada baterai tentu saja akan membuat Laptop tidak dapat hidup namun akan menampilkan indikator menyala dan berkedip.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan laptop dengan dengan charger agar laptop menerima daya dari adaptor langsung tanpa ada baterai.

Jika dengan cara diatas berhasil, berikutnya silahkan beli baterai baru sesuai dengan merek laptop kamu. Dengan ini masalah pada laptop akan dapat teratasi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa di Cas

Demikian mengenai tutorial bagaimana cara mengatasi laptop tidak mau menyala lampu indikator hanya berkedip. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah yang ada saat ini. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *