Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Charger Hidup

1 min read

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Charger Hidup

Ini cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup. Laptop merupakan salah satu perangkat yang kental dengan pekerjaan, namun tak jarang beberapa laptop juga digunakan untuk bermain game.

Keberadaan perangkat portabel ini akan menjadi solusi kamu dalam berbagai pekerjaan, sekaligus hiburan, namun jangan salah ada berbagai masalah yang juga timbul dalam perangkat laptop.

Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah laptop yang tidak bisa nyala, hal inilah yang membuat kamu mungkin mencari tahu apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Oleh karena itu, simak berikut ini beberapa langkah bagaimana cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup. Pastikan membacanya dengan baik dan benar.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Charger Hidup

Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Charger Hidup

Ada yang perlu kamu perhatikan untuk cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup. Terlebih mengetahui penyebab masalah sekaligus mengatasinya. Simak beberapa point sebagai berikut.

Copot Pasang RAM atau Ganti Baru

Pertama, masalah laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup adalah karena komponen RAM yang bermasalah, biasanya RAM memang sangat sensitif dan mudah rusak.

Ciri-ciri kerusakan pada RAM adalah ketika kamu menghidupkan laptop, laptop kamu akan hidup dan lampu power akan menyala, namun layar laptop masih mati dan tidak muncul display.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa coba untuk mencopot RAM kemudian memasangnya kembali, yang mana hal tersebut dapat mengatasi masalah laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup.

Bersihkan slot RAM dengan penghapus, kemudian pasang dan hidupkan kembali, jika masih tidak bisa hidup, langkah terakhir kamu bisa mengganti dengan RAM baru.

Baca Juga: Ciri-Ciri LCD Laptop Rusak Serta Cara Memperbaikinya

Thermal Paste Kering

Thermal Paste merupakan pasta untuk menghantarkan panas pada processor, fungsinya agar chipset pada laptop tidak mudah panas dan aliran panas akan dihantarkan melalui kipas pada prosesor.

Tanpa adanya Thermal Paste, chipset atau prosesor kamu akan sangat mudah panas, dan bahkan laptop tidak akan hidup.

Nah yang menjadi adalah thermal paste memiliki masa waktu sekitar 2 tahunan, yang mana pasta akan kering dan processor atau panas ketika dihidupkan.

Hal inilah yang membuat laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup. Nah untuk mengatasinya, kamu bisa mengganti thermal pasta yang baru.

Kabel Fleksibel

Masalah yang sering terjadi adalah dikarenakan masalah pada kabel fleksibel, fungsinya komponen ini adalah untuk menyambungkan mesin ke layar laptop sehingga akan muncul sebuah tampilan.

Nah jika kabel fleksibel rusak, tentu saja hanya akan membuat mesin hidup saja namun layar tetap akan mati, sehingga kabel fleksibel mungkin merupakan salah satu masalah.

Untuk mengatasinya sendiri adalah dengan membawanya ke service center, kemudian mengganti kabel fleksibel dengan yang baru.

Masalah Pada Keyboard

Jangan salah, masalah pada keyboard juga akan membuat laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup, masalah ini memang jarang ditemui, namun beberapa dari kamu mungkin pernah mengalaminya.

Sesuai dengan pengalaman, penulis juga pernah memiliki masalah yang mana lampu charger hidup, namun layar tetap mati.

Setelah dibawa ke service center, mereka bilang yang menjadi masalah terletak pada keyboard laptop tersebut.

Setelah melakukan servis dan mengganti dengan keyboard barul, masalah laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup dapat teratasi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Demikian ulasan lengkap mengenai cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup, semoga dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah pada laptop. Sampai jumpa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *