Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows Layar Hitam

1 min read

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows Layar Hitam

Ada banyak masalah yang bisa kamu temui pada perangkat Windows, salah satunya adalah masalah seperti tidak masuk Windows dan layar blank hitam, berikut ini cara mengatasi laptop tidak bisa masuk Windows layar hitam.

Akan sangat berguna bila kamu bisa mengatasi masalah pada laptop, hal ini akan menunjang pekerjaan lebih baik dan kamu tidak perlu pusing terutama dalam mengatasi masalah laptop yang tidak dapat masuk Windows.

Laptop merupakan perangkat portable yang banyak digunakan, mulai dari seorang pelajar, pekerja, hingga untuk sekedar hiburan saja. Selain itu seiringnya banyak digunakan, akan membuat laptop juga semakin banyak mengalami masalah.

Jika kamu mengalami masalah tidak bisa masuk Windows dan black screen, lakukan beberapa metode ini untuk bagaimana cara mengatasi laptop tidak bisa masuk Windows layar hitam.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows Layar Hitam

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows Layar Hitam

Beberapa langkah cara mengatasi laptop tidak bisa masuk Windows layar hitam dapat kamu coba, namun sebelum itu silahkan ketahui beberapa penyebabnya terlebih dahulu.

File Missing Windows

Penyebab pertama terletak pada file pada Disk C yang menyimpan file dari Windows, yang mana biasanya hal ini dapat terjadi setelah pengguna melakukan update pada Laptopnya.

Atau selain itu, pengguna tidak sengaja menghapus beberapa file penting sehingga Windows tidak beroperasi seperti selayaknya.

Mengenai hal ini, silahkan lakukan beberapa langkah cara mengatasinya berikut ini.

Cara Mengatasi: Restore File Windows atau Install Ulang

Cara install ulang tentu kamu sudah tidak asing, namun sebelum install ulang silahkan lakukan restore pada perangkat Windows kamu. Caranya sebagai berikut.

  • Dalam keadaan laptop Blank hitam, silahkan tekan “Shift”, kemudian akan muncul jendela Sticky Keys.
  • Berikutnya, klik link pada menu tersebut dan akan di arahkan ke “Ease of Access Center”.
  • Berikutnya, klik Cancel saja, di bagian sudut bawah “Set Up Sticky Keys”.
  • Langkah berikutnya, masuk ke “Control Panel” di bagian pojok atas, dan klik “Make Your Computer Easier to Use”.
  • Berikutnya, silahkan cari menu “Computer Settings” dan klik icon “Recovery”.
  • Lanjutkan dengan klik “System Restore”, dan kamu akan melakukan langkah berikutnya dengan klik “Next” saja, hingga ada menu “Finish”.
  • Silahkan tunggu proses Restore, jika selesai, laptop akan memulai boot ulang dan masalah selesai.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Hang Tidak Bergerak

RAM Kendor, Kotor atau Rusak

Masalah kedua disebabkan karena komponen RAM yang mengalami masalah, bisa saja RAM yang kotor, rusak atau kendor yang menyebabkan masalah pada perangkat Laptop kamu sehingga tidak masuk pada Windows.

Jika hal ini terjadi, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, mulai dari melakukan perbaikan seperti mengatasi RAM yang kendur, atau membersihkan RAM, hingga mengganti RAM yang baru.

  • Pertama, silahkan lepaskan Adapter, Baterai dan matikan Laptop.
  • Berikutnya, lepas bagian penutup bawa laptop dengan menggunakan obeng khusus.
  • Langka selanjutnya, silahkan bersihkan RAM, dengan menggunakan sikat gigi atau penghapus.
  • Coba pasang kembali RAM, dan nyalakan seperti biasa.

Jika dengan cara diatas masalah laptop masih belum dapat tertasil, langkah terakhir adalah mengganti komponen RAM, namun sebelum itu, silahkan coba gunakan RAM pada perangkat laptop lain. Jika memang masalah terletak pada RAM, silahkan ganti baru saja.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Setelah Beberapa Menit Dihidupkan

Nah itu saja ulasan mengenai bagaimana cara mengatasi laptop tidak bisa masuk Windows layar hitam. Semoga saja ulasan diatas dapat membantu dan mengatasi masalah kamu. Sampai jumpa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *