Penyebab Laptop Tiba-Tiba Mati Padahal Baterai Penuh & Cara Mengatasinya

1 min read

Penyebab Laptop Tiba-Tiba Mati Padahal Baterai Penuh & Cara Mengatasinya

Sederet penyebab ini akan membuat laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh, sebelum membawanya ke tukang service, kamu bisa mencoba beberapa hal ini untuk mengatasinya.

Laptop merupakan perangkat portabel yang dapat menggantikan peran personal komputer untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pekerjaan, belajar, bermain, hingga untuk sekedar hiburan.

Sebagai perangkat elektronik, pastinya akan ada saja masalah pada laptop, misalnya seperti masalah laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh. Kira-kira apa ya penyebabnya?

Biasanya pertama kali menghidupkan laptop memang akan berjalan lancar, selang beberapa menit, laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh, hal ini akan mengganggu aktivitas kamu.

Nah oleh karena itu, bagi kamu yang mengalami masalah pada laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh, kamu bisa mengetahui penyebab serta bagaimana cara mengatasinya di bawah ini.

Penyebab Laptop Tiba-Tiba Mati Padahal Baterai Penuh & Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Tiba-Tiba Mati Padahal Baterai Penuh & Cara Mengatasinya

Berikut ini penyebab masalah pada laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh serta cara mengatasinya, pastikan jika kamu mengalami masalah di atas untuk mencoba beberapa metode ini.

Terserang Virus

Verus merupakan malware yang sangat berbahaya pada laptop, jika laptop kamu terserang virus, akan ada berbagai masalah yang muncul pada laptop tersebut.

Salah satunya seperti file data yang hilang, rusak, hingga masalah pada laptop yang cepat panas atau bahkan laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh.

Untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan virus dengan menggunakan antivirus, jika belum berhasil, kamu bisa melakukan install ulang Windows dan reset Hardisk, agar semua virus dapat teratasi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Setelah Beberapa Menit Dihidupkan

Thermal Paste Kering

Thermal Paste merupakan cairan yang berperan untuk menghantarkan panas pada chipset atau prosesor, yang mana jika mengalami kering maka laptop akan mudah overheat dan tiba-tiba mati.

Biasanya thermal paste pada processor akan mulai mengering dalam penggunaan yang lama, biasanya berlangsung hingga 3 atau 5 tahunan pemakaian.

Untuk mengatasi masalah ini, cukup mudah, kamu hanya perlu mengganti thermal paste, setelah itu masalah overheat yang menyebab laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh dapat teratasi.

Masalah Pada Baterai

Baterai merupakan komponen utama yang sangat berperan penting untuk penyuplai daya pada laptop yang mana akan membuat laptop itu dapat dioperasikan.

Jika baterai mengalami masalah, tentu saja hal ini akan sangat berpengaruh, salah satunya adalah laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba menghidupkan laptop tanpa baterai dai terkoneksi langsung dengan adapter, kemudian jika berhasil, silahkan ganti komponen baterai baru.

Masalah Pada Sistem Operasi

Penyebab lainnya terletak pada sistem operasi yang digunakan, kebanyak laptop saat ini menggunakan Windows, nah bisa saja masalah laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh disebabkan karena sistem operasi yang bermasalah.

Terutama bila kamu sering mengotak-atik file system atau pada driver laptop itu sendiri, jika mengalami masalah, akan menyebabkan laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan update driver terbaru sesuai dengan laptop yang digunakan, kemudian kamu juga bisa melakukan update pada sistem operasi dengan versi terbaru.

Jika dua langkah di atas tidak bisa dilakukan kamu bisa reset Windows melalui BIOS dan juga bisa melakukan install ulang Windows pada laptop tersebut.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Laptop Tiba-Tiba Locking dan Shutdown Otomatis

Demikian diatas merupakan penyebab laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh serta solusi bagaimana cara mengatasinya. Jika laptop kamu masih mengalami masalah di atas setelah mencobanya, kamu bisa kirim komentar pada kolom dibawah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *