Cara Memperbaiki Laptop Tiba-Tiba Locking dan Shutdown Otomatis

1 min read

Cara Memperbaiki Laptop Tiba-Tiba Locking dan Shutdown Otomatis

Ini cara memperbaiki laptop tiba-tiba locking dan shutdown otomatis, masala laptop yang terkunci memang sering banyak dijumpai oleh para penggunannya.

Misalnya ketika laptop baru dihidupkan, dan kemudian selang beberapa metik akan muncul pesan Locking dan setelah itu akan shutdown kembali secara otomatis.

Kamu mungkin mencoba untuk menghidupkannya kembali, dan kemudian membuat short task untuk mengatur shutdown pada laptop, akan tetapi car ini tidak akan membantu sama sekali.

Tidak ada alasan khusus kenapa masalah ini akan terjadi, namun biasanya pengguna akan mempunyai alasan yang berbeda menangani masalah pada laptop itu sendiri.

Namun kali ini kamu bisa mencoba cara memperbaiki laptop tiba-tiba locking dan shutdown otomatis untuk memperbaikinya dengan metode umum yang akan kami ulasan dibawa ini.

Nah berikut ini diketahui beberapa cara memperbaiki laptop tiba-tiba locking dan shutdown otomatis. Simak baik-baik agar dapat memperbaiki masalah pada laptop kamu.

Cara Memperbaiki Laptop Tiba-Tiba Locking dan Shutdown Otomatis

Cara Memperbaiki Laptop Tiba-Tiba Locking dan Shutdown Otomatis

Jika laptop kamu mengalami masalah tiba-tiba locking dan shutdown otomatis, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa langkah sebagai berikut ini.

Istirahatkan Baterai

Pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengistirahatkan daya baterai sehingga dapat berjalan normal kembali. Masalah di atas memang ada kaitannya dengan kondisi baterai.

Terlebih jika laptop sering digunakan, maka akan terjadi masalah pada baterai sehingga masalah diatas akan terjadi, untuk mengatasinya silahkan lakukan cara berikut ini.

  • Silahkan lepaskan baterai laptop.
  • Kemudian biarkan laptop selama beberapa hari dan hindari tempat lembab atau panas.
  • Setelah itu, silahkan ketika sudah hidupkan, jangan langsung digunakan, silahkan isi daya baterai hingga penuh sebelum digunakan.

Dengan begitu, kamu bisa menggunakan laptop kembali dan masalah diatas dapat teratasi, jika masih berlanjut, kamu bisa menggunakan baterai baru sebagai penggantinya.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala Lampu Indikator Hanya Berkedip

Cek Bagian Kabel Power

Kemungkinan lainnya terletak pada kabel power yang bermasalah, kamu bisa cek dengan menggunakan alat Multimeter, digunakan untuk memeriksa apakah kabel masih bagus atau tidak.

Setelah mengetahuinya, dan terjadi masalah, silahkan ganti dengan kabel power baru untuk mengatasi masalah diatas.

Cek Bagian RAM

RAM merupakan salah satu komponen yang mengacu pada display, yang mana biasanya banyak masalah di display yang disebabkan pada RAM.

Misalnya laptop tidak hidup namun indikator hidup, hal ini bisa saja disebabkan oleh RAM yang mana mungkin bermasalah seperti kotor atau rusak.

Untuk mengatasinya cukup mudah, silahkan cek bagian pada RAM, kamu bisa melepaskan RAM kemudian membersihkannya kembali, setelah itu coba hidupkan kembali.

Jika masalah masih belum selesai, kamu mungkin harus mengganti dengan RAM baru.

Cek Bagian Hardisk atau SSD

Hardisk maupun SSD sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai komponen penyimpanan, baik data maupun Windows itu sendiri.

Nah kamu bisa cek dengan menggunakan SSD lain, dan coba untuk menghidupkan kembali.

Masalah Software

Mungkin saja masalah di atas disebabkan karena software yang bermasalah, untuk mengatasi ini terbilang cukup mudah.

Kamu bisa melakukan reset pada perangkat Windows, atau install ulang Windows kamu, sehingga masalah dapat teratasi.

Dengan menggunakan cara memperbaiki laptop tiba-tiba locking dan shutdown otomatis diatas kamu dapat mengatasi masalah pada laptop, sehingga dapat menggunakannya kembali.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Charger Hidup

Demikian ulasan mengenai apa saja cara memperbaiki laptop tiba-tiba locking dan shutdown otomatis. Semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Sampai jumpa di ulasan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *