Penyebab & Solusi Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup

3 min read

Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup

Kenapa laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup? Kamu mengalami hal ini sekarang? Jangan panik. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan sebuah laptop mengalami hal tersebut. Mulai dari processor bermasalah, RAM hingga charger dan powesuply. Namun semua itu ada  solusinya kok, kamu jangan panik duluan.

Perangkat laptop apa pun mereknya baik Lenovo, Asus, Acer ataupun jenis laptop lainnya pasti akan mengalami hal yang sama jika terkendala faktor yang sama. Artinya, laptop apa pun bisa mengalami hal tersebut, kapan pun. Namun, semuanya bisa di atasi dengan mudah.

Penyebab Laptop Mati Tapi Lampu Baterai Nyala

Penyebab Laptop Mati Tapi Lampu Baterai Nyala

Ada banyak yang bisa menyebabkan kenapa sebuah laptop bisa mengalami kendala seperti ini. Laptop akan mati dan tidak akan bisa menyala kembali penyebabnya bisa beragam. Adapun beberapa penyebab laptop mati tapi lampu indikator baterainya hidup, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Masalah RAM

Masalah pertama adalah karena masalah RAM pada perangkat laptop yang kamu gunakan. RAM adalah alah satu perangkat yang merupakan pembaca dari semua sistem dalam perangkat komputer atau laptop. Ketika RAM laptop kamu bermasalah, maka laptop kamu tidak akan terbuka secara normal.

Maka kamu harus pastikan dulu bahwa RAM laptop kamu bekerja dengan baik dan tidak ada masalah pada RAM untuk bisa kembali menggunakan laptop kamu dengan baik.

2. Masalah Processor

Selain RAM, processor juga memiliki peran penting dalam menentukan kinerja sebuah laptop. Jika saat ini laptop kamu indikator baterainya menyala namun tampilan display tidak tampil, maka kamu harus cek kembali processor laptop kamu. Processor adalah otak dari laptop yang kamu gunakan. Jika otak laptop kam bermasalah, maka akan dipastikan bahwa laptop tidak akan bekerja dengan baik.

Laptop tidak akan bisa dipakai dan bekerja dengan baik jika processor mengalami masalah. Processor tidak akan dapat membaca data dengan baik jika ia mengalami masalah.

3. Charger Laptop

Selain itu, laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup  bisa disebabkan karena charger laptop kamu bermasalah. Ini juga bisa membuat kinerja laptop kamu bermasalah dan tidak bisa bekerja dengan baik bahkan tidak akan bisa bekerja dengan baik.

Charger laptop yang bermasalah akan membuat kinerja laptop tidak berjalan dengan baik. Sehingga laptop mengalami gangguan, salah satunya tidak bisa menyala dengan baik.

4. Shocket Laptop

Faktor lain yang bisa menyebabkan laptop tidak dapat bekerja dengan baik adalah shocket laptop yang bermasalah. Shocket laptop yang bermasalah akan membuat kinerja baterai tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Cara Mengatasi Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup

Penyebab & Solusi Laptop Mati Tapi Lampu Indikator Baterai Hidup

Jika laptop kamu bermasalah, jangan khawatir, semuanya bisa kamu atasi dengan baik kok. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi laptop kamu yang mati namun lampu indikatornya nyala. Dari beberapa penyebabnya di atas, kamu harusnya juga sudah bisa menggunakan beberapa cara mengatasinya.

Karena pada hakikatnya, perbaikan laptop yang mengalami masalah seperti ini harus disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Adapun beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah laptop tersebut, di antaranya adalah:

1. Bersihkan RAM

Jika masalah laptop kamu berasal dari RAM, maka kamu harus membersihkannya terlebih dahulu sebelum kamu menggunakannya. Ada banyak yang dapat membuat RAM tidak bisa bekerja dengan baik, salah satunya adalah karena RAM kotor. RAM yang kotor dan berdebu akan membuatnya tidak dapat bekerja secara normal.

Selain itu, bisa juga RAM ini overheat dari kinerja laptop yang berat sehingga tidak dapat memproses data dan perintah dengan sempurna. Maka salah satu cara terbaik yang bisa digunakan adalah dengan membersihkannya.

  • Buka RAM laptop
  • Diamkan beberapa saat hingga suhunya normal
  • Kemudian bersihkan RAM dengan menggunakan tisu dan kayu putih
  • Atau kamu sikat dengan menggunakan penghapus
  • Setelah itu pasang kembali RAM dan nyalakan laptop

2. Copot & Bersihkan Processor

Selain RAM, processor juga penting Anda periksa. Processor juga merupakan komponen penting yang bisa membantu kinerja laptop. Salah satu hal yang bisa membuat laptop kamu tidak dapat bekerja dengan baik bisa jadi dari processor yang bermasalah. Cara mengatasinya juga sangat mudah kok, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Silahkan kamu buka laptop kamu
  • Kemudian socket penutup processornya juga buka
  • Hati-hati dudukan processor ini sangat kecil dan mudah patah jika kamu buka dengan tidak hati-hati
  • Gunakan alat khusus untuk membukanya
  • Setelah itu, tiup dan bersihkan processor
  • Berikan silika gel agar processor adem ketika bekerja

3. Tekan Power Beberapa Detik

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup adalah dengan menekan tombol power beberapa detik saja. Namun jangan asal, lakukan dengan baik dan sesuai prosedur seperti berikut:

  • Silahkan kamu buka laptopnya
  • Lepas dulu charger dari laptop
  • Kemudian tekan tombol power beberapa menit
  • Lihat reaksi laptop
  • Jika masih mati, gunakan cara lain di bawah

4. Lakukan Power Reset

Cara lain yang bisa digunakan untuk atasi masalah ini adalah dengan cara melakukan reset power. Reset power ini akan bantu kamu untuk memastikan apakah masalahnya ada di baterai atau bukan. Caranya cukup sederhana sekali, berikut ini adalah tahapan dan langkah-langkah cara melakukan reset power pada laptop:

  • Putuskan laptop dari daya listrik yang terhubung
  • Kemudian lepaskan juga baterainya
  • Setelah benar-benar kosong, silahkan kamu tekan tombol power beberapa detik untuk memastikan tidak ada listrik yang memang terhubung ke laptop
  • Setelah itu, kamu pasang kembali baterai dan colokkan chargernya ke arus listrik
  • Nyalakan kembali laptop kamu

5. Periksa Baterai dan Socketnya

Kamu mungkin tidak akan tahu pasti di mana letak masalah yang kamu hadapi ketika ketika laptop kamu mengalami hal itu. Namun cara paling sederhana yang bisa kamu gunakan agar laptop kamu bisa diatasi dengan baik adalah dengan memeriksa scket charger laptop kamu.

  • Pastikan bahwa socket laptop kamu berada dalam keadaan normal dan tidak ada masalah apapun
  • Lihat apakah ada belah, atuapun kotoran di dalamnya
  • Bersihkan socket dengan menggunakan bantuan tisu dan juga minyak kayu putih
  • Bersihkan hingga tidak ada kotoran di dalamnya

6. Bawa ke Services Center

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi laptop mati tapi lampu indikator baterai hidup adalah dengan membawanya ke tukang services. Jika di kota kamu ada servies center maka sebaiknya bawa ke services center jangan ke tukang services laptop biasa. Karena orang yang paling paham soal laptop kamu adalah pihak services center itu sendiri.

Bawa ke tempat services center dan sampaikan apa saja kendala yang kamu alami. Pihak services center akan bantu perbaiki laptop kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *