Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Setelah Beberapa Menit Dihidupkan

1 min read

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Setelah Beberapa Menit Dihidupkan

Ini cara mengatasi masalah pada laptop mati sendiri setelah beberapa menit dihidupkan. Kau bisa menggunakan metode dibawah ini agar dapat teratasi.

Laptop merupakan salah satu perangkat yang sering digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari pekerja, pelajar, hingga untuk kebutuhan hiburan.

Salah masalah yang kerap ditemui oleh pengguna adalah laptop mati sendiri setelah beberapa menit dihidupkan. Yang mana hal ini sangat merepotkan.

Masalah ini biasanya terjadi ketika kamu menghidupkan laptop, namun tiba-tiba shutdown secara otomatis, tentu saja membuat kamu khawatir dan bingung bagaimana cara mengatasinya.

Tapi jangan khawatir, berikut ini adalah tutorial bagaimana cara mengatasi masalah pada laptop mati sendiri setelah beberapa menit dihidupkan. Silahkan simak baik-baik ya.

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Setelah Beberapa Menit Dihidupkan

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri Setelah Beberapa Menit Dihidupkan

Berikut ini beberapa metode yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah pada laptop mati sendiri setelah beberapa menit dihidupkan. Silahkan ikuti ulasannya.

Mengganti Baterai

Baterai merupakan salah satu komponen yang sangat berpengaruh pada laptop mati sendiri setelah beberapa menit dihidupkan, yang mana komponen ini berperan sebagai penyuplai daya.

Jika laptop kamu mati sendiri, baterai kamu mungkin sudah tidak kuat atau bahkan rusak, sehingga daya yang diberikan tidak cukup untuk menahan laptop lebih lama.

Untuk mengatasinya, silahkan ganti baterai baru, atau kau bisa mencobanya dengan menghidupkan laptop tanpa baterai.

Baca Juga: Biaya Service Laptop Tidak Bisa Charge

Thermal Paste Kering

Prosesor pada laptop biasanya menggunakan thermal paste agar menghantarkan panas dengan baik, nah jika bagian ini kering, maka laptop akan overheat setelah dihidupkan.

Yang artinya, ketika laptop menyala, prosesor akan sangat panas karena thermal paste sudah tidak berfungsi, dan secara otomatis laptop akan mati kembali.

Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu mengganti thermal paste kembali, biasanya thermal paste akan kering setelah pemakaian 2 atau 4 tahunan.

RAM Bermasalah

RAM merupakan komponen yang sangat penting pada laptop, jika RAM mengalami kerusakan salah satu akibatnya adalah laptop mati sendiri setelah beberapa menit dihidupkan.

Nah untuk mengatasi hal ini cukup mudah, disini kamu hanya perlu untuk mengecek kondisi pada RAM, dan jika kotor kamu bisa membersihkannya terlebih dahulu.

Atau jika sudah benar-benar rusak, kamu bisa mengganti RAM dengan RAM baru.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Sering Restart Sendiri Windows 10

Hardisk atau SSD

Merupakan salah satu komponen yang sangat penting sebagai penyimpanan data sekaligus file dari sistem operasi, masalah laptop mati sendiri setelah beberapa menit dihidupkan bisa diakibatkan dari komponen ini.

Untuk mengatasinya silahkan gunakan SSD atau harddisk lain dan coba melakukan booting kembali, biasanya masalah laptop mati sendiri setelah beberapa menit dihidupkan bisa dapat teratasi.

Terlalu Banyak Install Aplikasi dan Game Berat

Menginstall banyak software dan game yang berat akan berpengaruh pada laptop mati sendiri setelah beberapa menit dihidupkan. Yang mana hal ini juga merupakan penyebab utama.

Kamu harus bijak untuk memasang berbagai game atau software yang terinstall, terutama bagi kamu pengguna laptop dengan spesifikasi yang biasa. Sesuaikan aplikasi dan game dengan spesifikasi laptop kamu.

Terdapat Virus

Virus merupakan sumber penyakit untuk laptop, jika sudah terdapat virus, pastinya berbagai masalah akan muncul.

Untuk mengatasi masalah laptop mati sendiri setelah beberapa menit dihidupkan yang disebabkan oleh virus, kamu bisa melakukan install ulang windows, dan memberikan hardisk maupun SSD.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Laptop Tiba-Tiba Locking dan Shutdown Otomatis

Nah itu saja untuk tutorial bagaimana cara mengatasi masalah pada laptop mati sendiri setelah beberapa menit dihidupkan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *