Hardisk Tidak Terbaca Di Laptop : Penyebab & Cara Mengatasinya

3 min read

Hardisk Tidak Terbaca Di Laptop

Hardisk tidak terbaca di Laptop adalah salah satu masalah yang kerap kali menghampiri para pengguna laptop saat ini. Masalah seperti ini bisa terjadi karena beberapa penyebab. Untuk jenis hardisk eksternal maupun internal yang tidak terbaca di laptop kemungkinan hal ini bisa saja terjadi karena Hardisk mengalami bad sector, file yang crash dan juga kerusakan fisik. Dimana secara umum penyebab dari hardisk tidak terbaca di laptop adalah karena mungkin hardisk jatuh dari tempat tinggi.

Selain itu anda harus mengetahui bahwa terkadang benturan keras yang terjadi pada hardisk ini juga bisa membuat hardisk menjadi tidak bisa terbaca di laptop. Hal ini karena kemungkinan besar ketika hardisk terkena benturan keras akan berdampak terhadap kabel konektor yang rusak, port USB yang aus dan sebagainya sehingga bisa membuat hardisk tidak terbaca di Laptop.

Penyebab Hardisk Tidak Terbaca Di Laptop

Hardisk tidak terbaca di Laptop

Selain terkena benturan dan juga kerusakan fisik, sebenarnya ada beberapa penyebab hardisk tidak terbaca di laptop lainya. Namun beberapa penyebab-penyebab ini mungkin tidak pernah disadari oleh beberapa pengguna atau orang. Nah untuk itu, berikut dibawah ini adalah beberapa penyebab hardisk tidak terbaca di laptop yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya.

  • Terjadi kesalahan pada pengaturan BIOS, mungkin pada settingan bios hardisk sudah diatur agar OFF atau Disable.
  • Terjadi kesalahan ketika memasang kabel hardisk ke motherboard dan juga PSU.
  • Tegangan listrik yang kurang sehingga membuat piringan Hardisk tidak bisa berputar.
  • Hardisk tidak pernah mengalami defragment sehingga sering ditemukan masalah bad sector pada hardisk sehingga menimbulkan kinerja hardisk yang tidak bisa stabil saat bekerja.
  • Terjadi crash file karena sering mencabut paksa hardisk ketika proses copy paste data belum selesai.
  • Hardisk yang terkena malware atau virus.
  • Terlalu sering komputer atau laptop mengalami mati secara paksa.
  • Komputer terlalu sering restart sendiri.

Nah itulah beberapa penyebab terjadinya hardisk tidak terbaca di laptop yang mungkin tidak pernah atau belum anda sadari sebelumnya.

Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca Di Laptop

Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca Di Laptop

Jika sebelumnya anda sudah mengetahui apa saja sih penyebab dari hardisk tidak terbaca di laptop. Berikutnya anda tentu saja harus mengetahui bagaimana cara mengatasi hardisk tidak terbaca di laptop. Nah untuk anda yang belum mengetahui bagaimana cara mengatasi hardisk tidak terbaca di laptop, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa cara-cara mengatasi hardisk tidak terbaca di laptop atau komputer.

1. Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca Di Laptop Karena Bad Sector

Bad Sector merupakan kondisi dimana terdapat bagian di hardisk yang tidak dapat diakses oleh sistem operasi atau komputer. Hal ini biasanya terjadi karena kerusakan maupun kegagalan dari sistem operasi ketiak ingin mengakses file di dalam hardisk tersebut.

Untuk masalah Bad Sector ini kemudian juga dibagi menjadi dua, yakni Hard Bad Sector dan juga Soft Bad Sector. Untuk Hard Bad Sector bisa terjadi saat head di Hardisk menyentuh komponen platter sehingga berakibat terhadap kerusakan permanen di hardisk.

Karena terjadi kerusakan permanen tentu saja cara mengatasinya kita harus mengganti hardisk dengan hardisk yang baru. Sementara untuk kerusakan Soft Bad Sector merupakan kondisi dimana terdapat beberapa bagian yang terdapat di hardisk tidak bisa dibaca oleh sistem. Untuk masalah soft bad sector ini kita bisa memperbaikinya dengan menggunakan tool bawaan dari Windows. Berikut adalah bagaimana cara mengatasi hardisk soft bad sector dengan software bawaan windows :

  • Pertama anda buka Windows Explorer (CTRL + E)
  • Berikutnya anda klik kanan pada disk atau hardisk, kemudian anda pilih properties.
  • Langkah selanjutnya anda buka tab Tools, kemudian anda pilih Check Now.
  • Setelah itu akan ada jendela baru nah anda pilih Start.
  • Untuk anda yang ingin membersihkan hardisk dari kesalahan bad sector, anda pilih saja Defragment Now.
  • Sebenarnya fitur Defragment ini juga dapat anda akses melalui Start, kemudian anda ketik saja Disk Defragmenter.

Nah tunggu dulu beberapa saat sampai tool Defragment dari Windows melakukan tugasnya sampai selesai.

2. Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca Di Laptop Karena BIOS

Untuk anda yang memiliki komputer atau laptop yang baru saja mengganti komponen hardisk. Biasanya terdapat kendala seperti masalah hardisk yang tidak bisa terbaca oleh BIOS atau sistem komputer tersebut. Hal ini sebenarnya bisa terjadi karena banyak hal, misalnya seperti tegangan yang masuk ke hardisk kurang, kabel yang tidak terpasang dengan baik, hardisk yang tidak ditempatkan pada dudukan motherboard dengan benar atau hardisk yang tidak bisa dibaca oleh BIOS.

Saat anda menyalakan laptop, kemudian muncul pesan HDD COntroller Failure maka hal tersebut bisa terjadi karena kabel yang tidak terpasang dengan benar di Motherboard. Anda juga harus memeriksa jumper master dan juga Cable Select apakah sudah terpasang dengan benar atau belum. Setelah itu anda juga perlu melakukan cek BIOS dan melakukan pengaturan ulang hardisk.

3. Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca Di Laptop Karena Rusak

Berikutnya, cara memperbaiki hardisk tidak terbaca di laptop adalah anda bisa menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Anda bisa mengecek kesalahan di hardisk dengan aplikasi HD Guru. Dimana aplikasi HD Guru adalah salah satu aplikasi software utility yang dapat membantu anda dalam memeriksa kesehatan dan juga kinerja dari hardisk laptop.

Anda bisa melakukan pengecekan hardisk dengan cara menjalankan fungsi low level hard disk formatting. Cara penggunaan dari aplikasi ini juga sangat mudah, anda hanya perlu membuka aplikasi kemudian biarkan hardisk di scan oleh aplikasi HD Guru. Selanjutnya anda hanya perlu mengklik Continue untuk memperbaiki kondisi Hardisk.

4. Cara Menghindari Kerusakan Hardisk Tidak Terbaca Di Laptop

Setelah anda mengetahui bagaimana sih cara mengatasi hardisk tidak terbaca di laptop, tentu saja anda juga harus mengetahui bagaimana sih perawatan dan cara menghindari kerusakan hardisk yang tidak bisa terbaca di laptop.

Jika anda sadar, kebanyakan penyebab dari hardisk tidak terbaca di laptop adalah karena terjadi kerusakan bad sector. Bad Sector sendiri juga terjadi karena kita yang tidak memperhatikan kondisi dari hardisk. Oleh sebab itu, berikut dibawah ini adalah cara menghindari kerusakan hardisk tidak terbaca di laptop.

  • Gunakan bantuan alat stabilizer listrik agar tegangan listrik yang mengalir ke komputer stabil.
  • Hindari melakukan restart atau mematikan komputer secara paksa.
  • Hindari kapasitas hardisk sampai penuh.
  • Selalu bersihkan hardisk dari berbagai macam file sampah dengan menggunakan bantuan disk cleaner.
  • Selalu melakukan defragment terhadap hardisk setiap bulan sekali.

Nah itulah bagaimana sih cara mengatasi hardisk tidak terbaca di laptop, penyebab hardisk tidak terbaca di laptop dan bagaimana cara mencegahnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *