Ciri-Ciri LCD Laptop Rusak Serta Cara Memperbaikinya

2 min read

Ciri-Ciri LCD Laptop Rusak

Apakah kamu pengguna Laptop? Jika iya, kamu harus mengetahui mengenai ciri-ciri LCD Laptop rusak agar tepat dalam penanganan untuk memperbaikinya.

Laptop sendiri merupakan perangkat yang memiliki manfaat dan kegunaan yang bisa menopang banyak pekerjaan sehingga tugas sekolah bahkan hingga kuliah dan pekerjaan sekalipun.

Tentunya akan menjadi gawat ketika laptop yang kamu gunakan mengalami kerusakkan, termasuk kerusakan LCD atau layar laptop.

Banyak yang mengabaikan dan menghiraukan mengenai ciri ciri LCD laptop rusak, sehingga kecolongan ketika laptop benar benar di kondisi yang amat rusak. Kamu akan mengalami banyak gangguan dan kerugian secara material juga.

Maka, penting bagi kamu selaku pengguna laptop untuk mengetahui ciri-ciri LCD Laptop yang rusak, sehingga mengetahui cara cepat untuk mengatasinya dan menyelamatkan dari kerusakan yang berlebih. 

Ciri-Ciri LCD Laptop Rusak Serta Memperbaikinya

Ciri-Ciri LCD Laptop Rusak

LCD sendiri merupakan bagian yang tentunya sangat penting dalam sebuah laptop yang mana menang berfungsi sebagai monitor LCD. 

Sebagai salah satu sistem output dari sebuah laptop memang harus memiliki kondisi yang baik, sehingga laptop akan bekerja secara  maksimal.

Maka, kamu harus bisa mencegah terjadinya kerusakan pada LCD Laptop sehingga bisa mengaturnya agar tidak terjadi kerusakan lebih parah lagu.  Nah, langsung saja berikut ciri-ciri LCD Laptop rusak:

Terdapat Goomy

Laptop pada dasarnya sendiri memang terbagi berdasarkan 2 perangkat, yaitu input dan output komputer.

LCD menjadi bagian output laptop yang akan menampilkan aktivitas di laptop tersebut. Ketika mengalami kerusakan adalah ciri dimana nantinya ada goomy pada layar Laptop.

Goomy sendiri merupakan bercak berwarna putih pada layar LCD. Akan terlihat  lebih terang dibandingkan bagian lainnya. 

Bentuk Goomy sendiri nampak seperti bulatan kecil  lebih seperti bintik atau titik namun terlihat jelas karena warnanya.

Jika hanya satu titik memang kerusakan LCD tidak parah. Namun jika sudah banyak goomy di layar LCD hal tersebut akan mengganggu penggunanya. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Macet Tidak Bisa Dimatikan

LCD Laptop Pecah

Berikutnya ciri ciri LCD Laptop rusak adalah LCD  yang pecah. Tentunya kerusakan atau ciri ciri satu ini bisa dengan jelas kamu ketahui dan lihat bukan?

Nantinya LCD yang pecah bisa saja akan menampilkan tampilan yang bergaris maupun adanya noda hitam seperti tinta. Pecahnya LCD sendiri bisa karena terkena tekanan beban yang sangat berat maupun karena terjatuh atau terkena benturan, 

Ketika LCD  Laptop kamu mulai pecah, maka umumnya akan mengalami penyebaran ke bagian layar LCD lainnya. Sehingga sistem kerja LCD akan semakin menurun dan terburuk laptop kamu tidak akan menyala layarnya.

Sehingga dengan begitu kamu harus  segera memperbaikinya ketika mengetahui ciri ciri satu ini. 

LCD Laptop Bergaris

 Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, LCD yang bergaris merupakan salah satu ciri ciri terjadinya kerusakan layar LCD  Laptop kamu.

LCD laptop yang bergaris sendiri sangat mudah kamu ketahui atau deteksi. Kerusakan satu ini merupakan kerusakan paling umum terjadi pada sebuah laptop.

Ketika kamu menyalakan Laptop nantinya layar LCD akan menampilkan garis  baik itu vertikal maupun horizontal. 

Garis inilah yang merupakn salah satu ciri kerusakan permanen dalam  laptop kamu. Umumnya  laptop jamu sudah terjangkit dengan LCD yang bergaris maka   akan terus bertemu dengan layar bergaris lagi. 

LCD Flicker atau Bergoyang

Selanjutnya, adalah LCD Flicker atau bergoyang yang mana kerusakan satu ini  akan bisa dilihat dimana tampilan pada LCD akan menjadi kurang baik.

Tentunya dengan layar LCD yang bergoyang ini  akan menampilkan garis yang sangat banyak dalam kondisi apapun. Nantinya LCD akan menampilkan abstrak yang kemudian tampilan akan nampak bergetar.

Umumnya kerusakan ini ada bagian pemasangan pada sudut tertentu di laptop yang longgar atau kurang baik. 

LCD Blank

Terakhir adalah kondisi LCD Laptop kamu yang gelap atau blank, yang mana tidak menampilkan apapun.

Tentunya dengan begitu tidak akan bisa digunakan sama sekali. Namun, ketika kamu menghubungkan laptop dengan proyektor atau Infocus, maka tampilan Laptop kamu akan terlihat.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Laptop Lenovo Yang Tidak Bisa Masuk Windows

Nah, itulah beberapa ciri LCD Laptop yang rusak, jika kamu mengalami salah satu ciri-ciri diatas akan jauh lebih baik jika kamu bergerak cepat dan memperbaiki kepada ahlinya.

Sehingga kamu bisa menyelamatkan laptop kesayangan kamu dari ancaman kerusakan yang parah kedepannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *