Cara Merawat Baterai Laptop Lenovo Agar Tahan Lama

3 min read

Cara Merawat Baterai Laptop Lenovo Agar Tahan Lama

Untuk sebagian orang tentu saja saat ini laptop menjadi salah satu kebutuhan utama mereka, sehingga wajar saja jika banyak orang yang terus mencari bagaimana sih cara merawat baterai laptop Lenovo agar tahan lama. Sebab laptop merk Lenovo sendiri menjadi salah satu merk laptop yang paling banyak diincar oleh orang-orang, entah karena spesifikasi yang ditawarkan atau karena banderol harga terjangkau yang ditetapkan oleh Lenovo.

Sebab guna menunjang semua kegiatan yang dilakukan dari laptop, tentu saja selai melihat spesifikasi dari dapur pacu laptop tersebut, paling tidak anda juga harus melihat dari spesifikasi daya tahan baterai yang ditawarkan. Karena perkembangan teknologi yang terjadi sangat pesat ini membuat semua aktivitas harus dilakukan melalui laptop atau komputer.

Oleh sebab itu juga dibutuhkan laptop dengan spesifikasi yang mumpuni untuk bisa memenuhi atau mencukupi berbagai macam kebutuhan komputasi anda sehari-hari. Namun sayangnya, sampai saat ini masih ada sebagian user Lenovo yang belum mengetahui bagaimana sih cara merawat baterai laptop Lenovo agar tahan lama.

Oleh sebab itu juga tidak jarang ada banyak pengguna yang mengeluhkan baterai laptop Lenovo yang mereka miliki mengalami kerusakan, entah itu drop, bocor atau berbagai macam masalah lainnya. Hal ini bisa saja terjadi jika anda tidak mengetahui bagaimana cara merawat baterai laptop Lenovo agar tahan lama.

Cara Merawat Baterai Laptop Lenovo Dengan Benar

Cara Merawat Baterai Laptop Lenovo Dengan Benar

Merawat komponen laptop memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Hal ini sebab juga tergantung pada diri anda sendiri bagaimana cara mengoperasikan dan merawat laptop tersebut. Nah salah satu komponen dari laptop yang paling rawan mengalami kerusakan adalah pada baterai laptop.

Baterai laptop yang rusak atau bocor tentu saja sangat menghambat aktivitas komputasi anda sehari-hari. Misalnya saja bisa menghambat aktivitas browsing, mengerjakan tugas atau berbagai macam aktivitas yang mewajibkan penggunaan komputer tersebut.

Nah untuk itu, agar anda terhindar dari permasalahan kerusakan baterai laptop Lenovo. Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan bagaimana sih cara merawat baterai laptop Lenovo agar tahan lama dengan benar.

Jangan Gunakan Laptop Secara Berlebihan

Perlu anda ketahui bahwa penggunaan laptop yang berlebihan bisa berdampak terhadap kerusakan pada setiap komponen laptop itu sendiri. hal ini karena laptop memang tidak didesain untuk penggunaan kebutuhan yang berta serta dalam jangka waktu yang lama seperti untuk kegiatan editing, desain grafis atau bermain game.

Sehingga jika anda menggunakan laptop untuk berbagai macam kebutuhan yang berat-berat tersebut tentu saja bisa memakan resource atau sumber daya yang besar. Akibatnya maka bisa membuat konsumsi daya juga akan menjadi lebih tinggi dan bisa membuat baterai menjadi cepat panas.

Efek jangka panjangnya jika baterai terlalu dalam kondisi panas adalah bisa membawa pengaruh terhadap kemampuan dan juga kesehatan dari baterai laptop itu sendiri. Sehingga wajar jika baterai laptop anda akan rusak atau bahkan bocor karena penggunaan laptop yang berlebihan tersebut. Untuk itu cara merawat baterai laptop Lenovo yang pertama adalah hindari penggunaan laptop untuk kebutuhan yang berat dalam jangka waktu lama.

Baca juga: Cara Menghubungkan Speaker Bluetooth Ke Laptop Windows 10

Jangan Membiarkan Baterai Laptop Lenovo Sampai 0%

Cara merawat baterai laptop Lenovo yang berikutnya adalah jangan sampai anda membiarkan kondisi baterai laptop Lenovo yang anda gunakan tersebut sampai 0%. Hal ini karena jika anda sering menggunakan baterai laptop sampai baterai laptop kosong atau bahkan habis bisa meningkatkan wear level yang terjadi di baterai, sehingga akibatnya akan memperpendek usia dari baterai laptop.

Oleh sebab itu, lebih baik anda mulai menghubungkan laptop ke charger atau pengisian daya saat sudah muncul notifikasi untuk melakukan charging atau pengisian daya. Biasa Nya saat baterai laptop berada pada level dibawah 20%, sistem operasi akan memberikan notifikasi peringatan untuk segera menghubungkan laptop ke charger.

Cabut Baterai Laptop Ketika Sudah Terisi 100%

Tidak hanya karena masalah baterai laptop yang sampai habis atau kosong, namun kebiasaan mengisi daya baterai laptop walaupun sudah terisi 100% tentu saja juga bisa berdampak terhadap kesehatan baterai. Untuk hal yang satu ini sayangnya masih belum banyak diketahui oleh orang-orang.

Bahkan mungkin anda sendiri masih sering menggunakan laptop sambil di charge walaupun kapasitas atau daya baterai dari laptop sudah terisi 100%. Penggunaan charger laptop walaupun sudah terisi hingga 100% jika dilakukan secara terus menerus tentu saja bisa mengurangi usia dari baterai laptop Lenovo.

Tidak jarang juga baterai Lenovo akan bocor dan mengalami kerusakan jika anda terlalu sering melakukan kebiasaan buruk yang satu ini. Untuk itu cara merawat baterai Lenovo agar awet adalah cabut charger ketika daya baterai sudah terisi 100%.

Hindari Sleep, Lebih Baik Shutdown

Cara merawat baterai laptop Lenovo berikutnya agar awet adalah hindari melakukan sleep pada laptop Lenovo yang anda gunakan. Mungkin untuk anda yang sering menggunakan laptop dalam jangka waktu lama, saat istirahat anda akan melakukan sleep terhadap laptop yang anda gunakan.

Sebenarnya baik sleep atau shutdown ini memiliki fungsinya masing-masing. Untuk anda yang ingin berhenti menggunakan laptop dalam jangka waktu lama, lebih baik anda melakukan shutdown laptop. Namun untuk anda yang ingin berhenti menggunakan laptop dalam jangka waktu kurang dari 1 jam, lebih baik anda melakukan sleep pada laptop.

Namun untuk sleep ini tidak semua komponen atau perangkat keras dari laptop berhenti bekerja, sehingga terkadang jika anda terlalu sering melakukan sleep bahkan tidak pernah melakukan shutdown terhadap laptop, mungkin laptop akan terasa lebih berat.

Hal ini disebabkan karena saat anda melakukan sleep, tidak sepenuhnya komponen dari laptop berhenti bekerja. Untuk itu, lebih baik anda hindari sleep dan gunakan saja fitur shutdown.

Jangan Gunakan Laptop Lenovo Sampai Overheat

Cara merawat baterai laptop Lenovo agar awet yang terakhir adalah hindari menggunakan laptop Lenovo sampai Overheat. Sebab jika laptop anda mengalami overheat, laptop anda akan mati dalam posisi atau kondisi tidak semestinya. Komputer atau laptop anda akan mati secara tiba-tiba karena tingginya proses yang harus dilakukan oleh laptop dan tidak sebanding dengan kemampuan atau spesifikasi dari laptop tersebut.

Biasa Nya laptop Lenovo akan mengalami overheat jika digunakan dalam jangka waktu lama dan untuk memproses berbagai macam proses yang berat. Selain itu hindari menggunakan atau memainkan laptop di atas kasur atau bantal, hal ini karena bisa menyumbat sirkulasi udara dari laptop.

Sehingga akibatnya laptop akan panas, jika laptop mengalami panas yang sudah over akan berdampak pada laptop yang tiba-tiba mati sendiri. Dampak berkepanjangan jika laptop sering tiba-tiba mati adalah akan membuat usia dari baterai laptop menjadi lebih pendek. Nah itulah beberapa cara merawat baterai laptop Lenovo agar awet dan tahan lama. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang ingin merawat baterai laptop Lenovo yang anda miliki dengan benar. 

One Reply to “Cara Merawat Baterai Laptop Lenovo Agar Tahan Lama”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *