Cara Mengosongkan RAM Laptop

1 min read

laptop acer i3 ram 8gb

RAM Laptop yang penuh akan memberikan pengalaman yang buruk ketika kamu menggunakan sebuah laptop, karena itulah kamu harus mencoba cara mengosongkan RAM Laptop untuk mengatasinya.

RAM merupakan komponen yang penting untuk sebuah laptop, yang mana memiliki fungsi sebagai penyimpanan data sementara, semakin besar RAM maka akan semakin banyak aplikasi yang dapat dibuka secara bersamaan.

Layaknya sebagai alat elektronik lainnya, RAM pada laptop juga sering mengalami masalah, dengan banyak aplikasi yang dibuka di latar belakang, akan membuat kapasitas RAM penuh, sehingga akan sulit membuka aplikasi lainnya.

Terutama bagi kamu yang memiliki RAM kecil, cara mengosongkan RAM laptop akan sangat penting dilakukan untuk menjaga performa pada laptop kamu, nah untuk itu kamu perlu membaca ulasan kali ini.

Berikut ini simak tutorial bagaimana cara mengosongkan RAM Laptop. Pastikan untuk melakukannya dengan benar, cara ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki RAM sedikit.

Cara Mengosongkan RAM Laptop

Cara Mengosongkan RAM Laptop

Berikut ini beberapa langkah cara mengosongkan RAM Laptop dengan muda, silahkan kamu mencoba satu persatu masalahnya dibawah ini.

Restart Laptop

Langkah pertama, kamu bisa mencoba untuk mematikan laptop dan menghidupkannya kembali atau melakukan restart pada laptop.

FUngsi restart laptop adalah untuk mereset semua aktivitas pada laptop sehingga akan kembali pada keadaan ketika pertama kali dihidupkan.

Dengan melakukan restart, maka secara otomatis akan membersihkan semua program dan aplikasi yang dijalankan sehingga resource pada RAM akan kosong kembali ke awal.

Tutup Aplikasi di Task Manager

Langkah berikutnya adalah dengan menutup aplikasi atau software yang berjalan pada Task Manager, dengan cara ini akan mengosong RAM pada laptop kamu dengan muda.

Untuk caranya cukup sudah silahkan lakukan beberapa langkah yang akan kami sampaikan dibawah ini.

  • Pertama, silahkan buka Task Manager, kamu bisa membuka nya dengan tombol “Ctrl + Alt + Delete”. Atau bisa juga melalui Windows dengan menulis Task Manager.
  • Berikutnya, silahkan pilih aplikasi yang ingin kami tutup. Dengan menekan shift, dan tombol klik kamu bisa memilih dua aplikasi atau lebih.
  • Terakhir, untuk menutup aplikasi, silahkan klik End Task.
  • Selesai.

Matikan Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang

Masih pada aplikasi Task Manager, dimana selain dapat mematikan menutup aplikasi yang sedang berjalan, kamu juga dapat mengatur apakah aplikasi tertentu diperbolehkan untuk berjalan di latar belakang atau tidak.

Cara ini juga sangat optimal untuk memanage penggunaan pada RAM, sehingga bagi kamu yang memiliki RAM terbatas akan sangat membantu dalam meningkatkan peforma.

Na untuk mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang terbilang cukup mudah, pertama, kau bisa masuk ke Task Manager dengan cara kedua diatas.

Kemudian pada Task Manager, silahkan klik menu Startup, kemudian pilih aplikasi yang ingin dihentikan, berikutnya ubah status aplikasi dari Enable ke Disable.

Dengan ini ketika laptop dinyalakan maka aplikasi tersebut tidak akan langsung berjalan di latar belakang sehingga akan menghemat penggunaan pada RAM.

Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting & Jarang Digunakan

Cara ini sangat penting terutama bagi kamu yang memiliki laptop dengan RAM yang sangat terbatas, cara ini sangat perlu di kamu perhatikan terutama untuk laptop bukan high end.

Misalnya ketika kamu memiliki ruang dan RAM terbatas kemudian menginstall aplikasi Photoshop, tentu ini akan memberatkan laptop kamu, alternatifnya kamu bisa menginstall aplikasi editing foto lain yang lebih ringan.

Kamu juga dapat memilih aplikasi apa saja yang sanggup di handle oleh laptop, dan menghapus aplikasi apa saja yang memberatkan kinerja pada laptop.

Nah diatas adalah tutorial cara mengosongkan RAM Laptop, semoga saja dapat membantu kamu mengatasi masalah yang ada saat ini. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *