Cara Menghentikan Laptop Yang Sedang Restart

3 min read

Cara Menghentikan Laptop Yang Sedang Restart

Cara Menghentikan Laptop Yang Sedang Restart – Laptop Restart Lama tanpa indikasi sama sekali? Pasti bingung sobat Menghentikan hal seperti ini karena mengganggu pekerjaan/tenggat waktu yang seharusnya cepat selesai. Saat ini laptop menjadi salah satu perangkat yang paling banyak digunakan.

Seperti halnya komputer PC, laptop terkadang lambat memuat saat dihidupkan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Cara termudah tentunya adalah dengan menekan tombol CTRL + ALT + Del secara bersamaan ke tombol Task Manager lalu pilih opsi End Task sebagai solusinya. Jika cara ini tidak dapat berhasil, maka dengan berat hati kita akan langsung menutup seluruh program dengan menekan tombol power.

Namun jika hal ini dilakukan berulang-ulang maka akan menyebabkan sebuah kerusakan pada hardisk, secara tidak langsung sama saja dengan mematikan paksa komputer atau laptop yang anda gunakan. Oleh karena itu dibawah ini akan Anda ulas Cara Menghentikan Laptop Yang Sedang Restart.

Meski bersifat portable, membuatnya mudah dibawa kemana-mana. Tentunya akan lebih sering digunakan layaknya smartphone. Jadi barang ini hampir sama dengan elektronik lainnya, baik dari segi spesifikasi, masalah bahkan dimasuki banyak virus sekaligus.

Namun disini kita akan lebih banyak membahas tentang laptop yang sering Restart Lama. Oleh karena itu, jika Anda mencari sumber referensi, Anda dapat melakukannya dengan cara kami. Sebelum masuk ke topik utama, kita akan mempelajari dari segi penyebabnya terlebih dahulu, diantaranya sebagai berikut.

Penyebab Laptop Restart Lama

Faktor utama yang bisa membuat laptop mati dengan sendirinya bisa diketahui karena beberapa alasan. Misalnya usia, penggunaan tanpa memandang waktu, mesin, dan komponen laptop lainnya. Semakin banyak file dan aplikasi dapat membuat kinerja laptop menurun dan akhirnya error sendiri.

Sistem Rusak

Salah satu yang dapat menyebabkan hal ini sangat mungkin bermacam-macam, baik penyalahgunaan, virus dan lain sebagainya. Namun intinya adalah windows atau sistem operasi yang menjadi penyebab laptop anda Restart Lama.

Prosesor Terlalu Panas

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah mengecek dari segi prosesor, apakah benar-benar terlalu panas kemudian membuat performa menurun dan overhat. Metode ini dapat diidentifikasi dengan cara berikut:

  • Kondisi suhu di monitor perangkat keras yang terletak di program BIOS
  • Menggunakan program bantuan untuk pemantauan suhu, yaitu monitor perangkat keras CPUID.

Harddisk Bad Sector

Tiga penyebab lain laptop anda hidup dan mati dengan sendirinya adalah rusaknya hardisk di bad sector. Kondisi seperti ini akan membuat laptop hang lama kelamaan. Akibatnya tidak bisa booting, tampilan layar biru dan restart terus menerus. Maka dari itu untuk mengantisipasinya sobat harus merawat laptop dengan sebaik-baiknya agar meminimalisir hal-hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Jangan lupa untuk membersihkannya juga.

Virus

Kecil kemungkinan pada laptop anda yang telah terkena virus tanpa disadari. Karena pada dasarnya virus atau malware membuat memori kerja semakin terbebani, akibatnya proses seperti ini berulang saat digunakan. Sehingga membuat laptop bisa restart dengan sendirinya dan hang.

RAM Tidak Sehat

Umumnya kemarin laptop Anda masih hidup dan performanya seperti biasa. Tapi tiba-tiba kok Restart Lama dalam waktu tertentu? Padahal sudah dibawa ke service center dan semua hardware dalam kondisi normal tanpa ada keanehan sama sekali.

Nah ini salah satunya karena kondisi RAM yang kurang baik. Dari informasi yang kami ketahui, beberapa sudah mencoba menggantinya dan hasilnya cukup baik dan sudah kembali normal seperti sedia kala. Mungkin ini juga penyebab utama di dunia laptop tiba-tiba restart.

Cara Menghentikan Lapto Yang Sedang Restart

Kurangi Aplikasi Startup

Startup Apps adalah aplikasi yang berjalan secara otomatis pada saat booting. Semakin banyak aplikasi, biasanya proses booting akan memakan waktu lebih lama. Untuk mematikan Startup Apps, Anda bisa melalui Task manager dan Setting.

Mengurangi Startup Apps

Anda dapat mengatur Opsi Daya pada baterai dengan mengklik kanan ikon baterai laptop. Hapus centang “Aktifkan startup cepat”. Lihat perubahan yang akan terjadi, jika proses restart normal berarti anda berhasil.

Perhatikan Hardisk

Cara Menghentikan Laptop Yang Sedang Restart sangat lama pertama adalah dengan memperhatikan harddisk di perangkat Anda. Anda bisa mengecek apakah ruang kosong di perangkat laptop Anda sudah mulai habis atau belum. Jika ruang kosong di perangkat laptop Anda sudah mulai habis, tentunya kinerja laptop Anda akan terpengaruh, seperti memuat aplikasi lama hingga proses restart yang sangat lama.

Jika memang penyimpanan laptop Anda akan habis, maka Anda bisa menghapus beberapa file atau aplikasi yang menurut Anda tidak terlalu penting untuk memberikan lebih banyak ruang kosong pada penyimpanan laptop Anda. Anda dapat menghapus file sampah yang menumpuk di penyimpanan laptop Anda baik secara manual atau dengan menggunakan bantuan aplikasi pembersih seperti CCleaner atau aplikasi pembersih lainnya.

Perhatikan RAM

Cara Menghentikan Laptop Yang Sedang Restart lama yang kedua adalah dengan memperhatikan laptop yang ada di laptop anda. Pasalnya, jika kapasitas atau ruang kosong RAM pada perangkat laptop Anda rendah, maka akan mempengaruhi kinerja laptop Anda. Hal ini bisa Anda rasakan saat membuka aplikasi atau saat restart laptop akan terasa lemot dan tidak stabil.

Anda dapat menghentikan aplikasi atau program yang sedang berjalan di latar belakang laptop Anda. Anda bisa pergi ke pengelola laptop Anda dan menghentikan aplikasi yang berjalan di laptop Anda yang tentunya merupakan aplikasi yang tidak penting dan sedang tidak Anda gunakan.

Pemeriksaan Virus

Salah satu penyebab laptop lemot adalah terkena virus. Jika laptop sudah terinstall antivirus, coba scan laptop secara keseluruhan kemudian hilangkan virus yang menginfeksi laptop tersebut. Setelah itu restart laptop dan lihat apakah hasilnya berubah atau tidak. Jangan lupa gunakan antivirus untuk menghindari serangan virus. Selain antivirus, Anda juga harus berhati-hati saat mendownload file dari internet. Jangan asal download file sembarangan.

Kerusakan Pada Hard Disk

Jika cara di atas tidak berhasil, mungkin ada masalah dengan hard disk Anda. Hardisk rusak solusinya ganti dengan yang baru. Itulah beberapa cara Menghentikan laptop lama restart. Cara ini bisa kamu coba sendiri dan dijamin berhasil.

Lakukan Setting Pada Power Option

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengatur Power Options di bagian baterai. Metode:

1. Klik kanan pada baterai laptop, biasanya di pojok kanan bawah

2. Setelah itu, pilih Power Option yang terletak di urutan kedua. Setelah diklik, Anda akan melihat banyak opsi di sebelah kiri. Cukup klik pada bagian Choose What The Power Button Do.

3. Nanti kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya, disana tinggal klik Change Settings yang Saat Ini Tidak Tersedia.

4. Setelah berhasil login, Anda akan diberikan beberapa pilihan untuk dipilih. Nah, di bagian ini, centang saja bagian Turn on Fast Startup (Recommended).

5. Jika sudah dicentang, langkah selanjutnya adalah exit Windows Explorer dan restart laptop untuk mengetahui apakah prosesnya berhasil atau tidak.

Demikian ulasan tentang Inilah Beberapa Cara Menghentikan Laptop Yang Sedang Restart semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *