Cara Mengecek Kondisi Laptop Second Sebelum Membelinya

3 min read

Cara Mengecek Kondisi Laptop Second Sebelum Membelinya

Saat ingin membeli laptop second atau bekas tentu saja anda harus mengetahui bagaimana cara mengecek kondisi laptop second tersebut. Dengan mengetahui cara cek kondisi laptop bekas tentu saja anda akan terhindar dari penipuan dan kerugian saat membelinya. Hal ini karena berbeda saat membeli laptop baru, ketika anda membeli laptop second tentu saja ada beberapa hal yang harus perhatikan termasuk juga dari segi bagian dalam dari laptop tersebut.

Jadi selain dari sisi tampilan luar yang masih bagus atau tidak, tentu saja anda juga harus melakukan pengecekan terhadap bagian dari dalam laptop tersebut apakah masih layak untuk dibeli atau tidak. Jangan sampai anda tertipu dengan tampilan luar dari laptop second yang masih mulus, namun bagian dalam dari laptop sudah usang dan tidak berkualitas lagi.

Cara Mengecek Kondisi Laptop Second Sebelum Membelinya

Cara Mengecek Kondisi Laptop Second

Tentu saja anda setuju jika saat ini laptop telah menjadi salah satu barang kebutuhan banyak orang. Selain handphone atau smartphone, laptop juga dibutuhkan untuk menunjang berbagai macam aktivitas komputasi sehari-hari. Misalnya saja untuk mengerjakan tugas, melakukan sekolah online atau kegiatan komputasi lainnya.

Sebelum memutuskan untuk deal membeli laptop bekas tentu saja anda harus memastikan jika kondisi laptop yang ingin anda beli tersebut masih bisa bekerja dengan baik. Selain meneliti kondisi fisik luar dari laptop bekas, anda juga harus memeriksa bagian software dan hardwarenya. Hal tersebut harus anda lakukan agar nantinya anda tidak menyesal setelah deal dan setuju untuk membeli laptop bekas tersebut.

Nah, agar anda tidak tertipu atau merasa dirugikan setelah membeli laptop bekas. Alangkah lebih baik jika anda mencegah kerugian tersebut sebelumnya. Cara mengecek kondisi laptop bekas sebelum membelinya adalah langkah yang tepat agar anda bisa terhindar dari kerugian saat membeli laptop bekas.

Untuk itu, bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara mengecek kondisi laptop bekas. Berikut dibawah ini adalah bagaimana langkah-langkahnya.

Cek Kondisi Body Luar Laptop

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam cara mengecek kondisi laptop bekas adalah anda harus memperhatikan bagian body luar dari laptop. Dimana bagian luar ini tentu saja menjadi hal yang pertama kali anda lihat saat ingin membeli laptop bekas.

Tips mengecek bodi laptop bekas adalah anda harus memperhatikan bagian casing dari laptop tersebut. Perhatikan apakah ada lecet atau ternyata terdapat bagian yang retak di body laptop atau tidak.

Karena jika ternyata bodi laptop bekas yang akan anda beli tersebut masih mulus. Kemungkinan besar hal tersebut karena pemilik laptop sebelumnya merawat laptop dengan benar.

Namun jika ternyata terdapat lecet atau bahkan retakan pada body laptop, sudah pasti laptop bekas yang akan anda beli tersebut sudah pernah jatuh. Jika sudah pernah jatuh maka tidak menutup kemungkinan terdapat kerusakan pada bagian komponen dalam laptop.

Cek Kondisi LCD Laptop

Cara mengecek kondisi laptop bekas berikutnya adalah dengan memeriksa kondisi dari LCD atau layar laptop. Sebaiknya anda periksa secara teliti semua bagian dari layar dan juga LCD, entah itu saat laptop dalam kondisi nyala atau mati.

Ketika laptop nyala, pastikan jika tidak ada bintik-bintik atau warna berbeda pada setiap sudut layar. Untuk mengetahuinya, anda bisa mengganti wallpaper dari laptop bekas dengan wallpaper berwarna hitam polos.

Perhatikan apakah ada warna selain hitam di bagian layar? Jika ada warna lain selain hitam kemungkinan besar layar atau LCD laptop tersebut mengalami kerusakan ringan.

Sebagai tips tambahan, anda juga bisa membuka tutup layar laptop secara perlahan. Goyangkan juga bagian layar apakah mengeluarkan garis atau warna hitam dan putih yang berbeda saat layar digoyangkan.

Cek Semua Bagian Keyboard Dan Touchpad

Cara Mengecek Kondisi Laptop Second

Keyboard dan touchpad adalah salah satu bagian yang paling sering digunakan di laptop. Oleh sebab itu anda harus memeriksa dua bagian terpenting di laptop bekas yang ingin anda beli.

Cobalah untuk mengetik, apakah terasa nyaman atau terdapat kerusakan di setiap tombol yang anda tekan. Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi tambahan untuk mengetahui terjadinya kerusakan pada keyboard.

Begitu juga pada touchpad, anda bisa merasakan apakah pointer yang ditampilkan di layar laptop berjalan dengan mulus atau tidak. Anda juga bisa mencoba mengklik kanan dan kiri pada touchpad apakah macet atau ambles. Jika masih normal, maka lanjut pada cara mengecek kondisi laptop bekas berikutnya.

Cek Koneksi Wifi

Cara mengecek kondisi laptop bekas sebelum membelinya tentu saja anda juga harus memeriksa koneksi jaringan Wifi yang bisa ditangkap oleh laptop. Karena tentu saja akan menjadi masalah yang sangat serius, jika ternyata laptop bekas yang anda beli tersebut tidak bisa menggunakan jaringan wifi entah itu tidak bisa mendeteksi atau sinyal wifi yang ditangkap sangat lemah lebih baik jangan membelinya.

Hal ini karena laptop berbeda dengan smartphone, dimana jika smartphone bisa menggunakan jaringan data atau paket internet. Sementara untuk laptop ini hanya bisa mengandalkan jaringan wifi saja jika ingin menggunakannya atau menghubungkannya ke internet.

Cek Setiap Port Laptop

Berikutnya jangan lupa untuk melakukan pengecekan terhadap setiap port dari laptop. Sama seperti saat anda ingin membeli smartphone bekas, tentu saja anda juga harus memastikan jika setiap port atau lubang soket di laptop masih bisa berfungsi dengan normal.

Cara mengecek kondisi laptop bekas, terutama di bagian setiap portnya adalah dengan menggunakan flashdisk, earphone, SD Card dan juga kabel HDMI. Dengan begitu anda bisa mengetahui kondisi dari setiap port yang ada pada laptop.

Cek Kondisi Baterai Dan Charger Laptop

Cara Mengecek Kondisi Laptop Second

Baterai dan charger adalah salah satu komponen yang sangat penting untuk dicek jika anda ingin membeli laptop bekas. Pasalnya baterai adalah salah satu bagian dari laptop yang rentan mengalami kerusakan. Cara mengecek kondisi laptop bekas di bagian baterai nya sebenarnya cukup mudah.

Anda bisa mencoba laptop untuk beberapa menit dengan membuka aplikasi yang berat, menonton film atau video. Kemudian anda perhatikan level dari baterai laptop setelah anda gunakan.

Apakah ternyata level baterai laptop berkurang dengan waktu yang cepat? Jika begitu, maka bisa dipastikan kondisi kesehatan dari laptop sudah tidak sehat atau tidak normal lagi.

Anda juga bisa mencoba menghubungkan laptop dengan charger, apakah terjadi error pada touchpad laptop? Jika memang terjadi error pada touchpad kemungkinan besar charger yang digunakan bukan produk original.

Hal ini karena charger laptop yang tidak original tentu saja tidak bisa menghantarkan aliran arus listrik dengan baik sehingga menimbulkan error pada touchpad laptop.

Nah itulah bagaimana cara mengecek kondisi laptop second sebelum membelinya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang ingin membeli laptop bekas. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *