Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power

3 min read

Cara Mengatasi Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power

Cara Mengatasi Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power – Sebenarnya untuk bisa menyalakan laptop tentu saja kita harus menekan tombol Power terlebih dahulu. Secara normal setelah tombol power pada laptop ditekan tentu saja laptop harus bisa menyala dan menampilkan gambar sistem operasi. Namun bagaimana jika ternyata laptop tidak menyala saat ditekan tombol power? Apakah yang menjadi penyebab dari laptop tidak menyala saat ditekan tombol power?

Seringkali tombol laptop mengalami masalah, dimana seharusnya setelah tombol power laptop setelah ditekan laptop harus bisa langsung menyala, namun pada kondisi tertentu walaupun tombol power sudah ditekan beberapa kali tetap saja tidak bisa menghidupkan laptop tersebut.

Nah untuk anda yang mengalami masalah seperti laptop tidak menyala saat ditekan tombol power, walaupun sudah menekan tombol power selama beberapa kali namun tetap tidak bisa menyala. Kemungkinan terdapat masalah yang terjadi pada laptop yang anda gunakan tersebut.

Penyebab Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power

Cara menghidupkan laptop sebenarnya adalah melalui tombol power seperti biasa. Namun terkadang ada beberapa kondisi yang membuat masalah laptop tidak menyala saat ditekan tombol power, mungkin untuk beberapa orang masalah seperti ini sudah sering terjadi. Dimana anda sudah menekan tombol power berulang kali untuk menghidupkan laptop, namun laptop tetap tidak bisa menyala.

Masalah laptop tidak menyala saat ditekan tombol power ini mungkin akan membuat anda panik dan berpikir jika laptop yang anda miliki ini sudah rusak.  Padahal sebenarnya jika terjadi masalah laptop tidak menyala saat ditekan tombol power ini kemungkinan masalahnya adalah karena switch power laptop yang mengalami masalah, atau mungkin malah karena software yang mengalami kerusakan.

Memang untuk masalah seperti ini tidak sedikit dari beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya, sehingga anda sebagai pengguna laptop harus mengetahui secara detail apa saja sih penyebab dari laptop yang tidak menyala walaupun sudah ditekan tombol power.

Untuk itu, agar bisa mempermudah anda dalam mengatasi permasalahan ini. Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa penyebab dari laptop tidak menyala saat ditekan tombol power.

1.     Hardware Laptop Mengalami Masalah

Kemungkinan besar penyebab dari tombol power tidak bisa membuat laptop menyala adalah karena komponen perangkat keras atau hardware laptop ytang mengalami kerusakan. DImana kerusakan pada komponen perangkat keras ini kemungkinan terjadi pada Processor, Ram. atau mungkin malah mobo atau motherboard. Jika memang terjadi hal seperti ini, maka anda harus memeriksa mana komponen dari perangkat keras yang mengalami masalah dan cobalah untuk menggantinya dengan komponen yang baru.

Jika hanya ram saja yang bermasalah atau mengalami kerusakan sih sepertinya bukan menjadi masalah untuk menggantinya. Namun yang menjadi masalah adalah jika ternyata motherboard atau processornya yang mengalami kerusakan. Karena mengganti processor dan motherboard di laptop sama saja dengan mengganti laptop itu sendiri dengan yang baru.

2.     Baterai Laptop Yang Bocor

Penyebab berikutnya dari masalah laptop tidak menyala saat ditekan tombol power adalah karena baterai laptop yang mengalami kebocoran. Kemungkinan jika baterai laptop mengalami masalah bocor, hal inilah yang menjadikan laptop menjadi tidak mau menyala walaupun sudah ditekan tombol power berulang kali. Untuk cara mengatasi masalah seperti ini adalah dengan menggunakan charger atau adaptor sehingga laptop bisa memperoleh sumber daya arus listrik dengan tidak mengandalkan baterai laptop itu sendiri.

Anda juga bisa melakukan penggantian terhadap baterai laptop yang mengalami kebocoran dengan baterai yang baru. Untuk itu, usahakan mengganti lah komponen baterai laptop dengan baterai yang original. Walaupun memang harga baterai laptop yang original ini lebih mahal, namun tentu saja kualitas dan daya tahan dari baterai laptop yang original ini juga tidak perlu dipertanyakan lagi.

3.     Tegangan Listrik Tidak Stabil

Berikutnya, mungkin penyebab dari laptop tidak menyala saat ditekan tombol power adalah karena tegangan listrik yang tidak stabil. Untuk anda yang menggunakan laptop tanpa menggunakan baterai, mungkin salah satu penyebab pasti dari masalah laptop tidak menyala saat ditekan tombol power adalah karena tegangan listrik yang tidak stabil.

Hal ini karena tidak stabilnya tegangan listrik akan membuat laptop tidak mau menyala. Untuk cara yang tepat dalam mengatasi permasalahan seperti adalah dengan menggunakan alat bantu berupa stabilizer yang bisa membantu untuk menstabilkan arus listrik sehingga nantinya tombol power laptop bisa kembali berfungsi.

4.     Terdapat Kerusakan Di Tombol Power

Kemungkinan penyebab lainnya dari laptop yang tidak mau menyala walaupun sudah ditekan tombol power berulang kali adalah karena memang terjadi kerusakan pada tombol power itu sendiri. Beberapa kerusakan yang mungkin bisa terjadi adalah karena tombol power yang berdebu, kotor, atau tombol power yang patah.

Untuk bisa mengatasi masalah ini tentu saja anda harus melakukan pembongkaran terhadap laptop dan mengecek apa yang menjadi masalah pada tombol power. Apakah tombol power mengalami masalah pada switch? Atau tombol power patah?

Solusi Dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power

Setelah anda mengetahui apa saja sih penyebab dari laptop tidak menyala saat ditekan tombol power, lalu bagaimana cara mengatasi dan solusi dari permasalahan seperti ini? Apakah kita harus mengganti laptop dengan laptop yang baru? Atau ada solusi lainnya untuk mengatasi permasalahan seperti ini? Nah berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa solusi dan cara mengatasi laptop tidak menyala saat ditekan tombol power.

Menggunakan Adaptor Dan Stabilizer Arus Listrik

Tentu saja anda sudah tahu jika penyebab dari masalah ini adalah karena arus listrik yang tidak stabil dan juga tidak munculnya tegangan daya dari laptop untuk menghidupkannya. Oleh sebab itu, tentu saja solusi yang paling tepat adalah anda bisa menggunakan adaptor untuk menyalakan laptop.

Jika sudah menggunakan adaptor masih tidak bisa, anda juga bisa menggunakan alat bantu stabilizer dari arus listrik sehingga arus listrik yang disalurkan dari adapter ke laptop bisa lebih stabil lagi.

Membersihkan Komponen Ram Dan Motherboard

Berikutnya, anda bisa membersihkan Ram laptop dan juga bagian-bagian dari motherboard. Kemungkinan besar anda tidak pernah membersihkan laptop sehingga banyak debu-debu yang terdapat di bagian dalam dari laptop.

Debu-debu tersebut bisa menghambat jalannya laptop, sehingga solusi yang paling tepat selain mengganti setiap komponen adalah dengan membersihkannya terlebih dahulu.

Ganti Switch Tombol Power

Solusi terakhir adalah mengganti switch tombol power. Sebelumnya anda bisa membersihkan area tombol power terlebih dahulu, kemudian lihat efeknya apakah laptop bisa menyala atau tidak. Jika ternyata laptop masih tidak bisa menyala anda bisa melakukan pergantian pada switch dari tombol power tersebut.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi laptop tidak menyala saat ditekan tombol power. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang kebingungan bagaimana cara mengatasi laptop tidak menyala ketika ditekan tombol power.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *