Cara Mengatasi Laptop Macet Tidak Bisa Dimatikan

1 min read

Cara Mengatasi Laptop Macet Tidak Bisa Dimatikan

Ini cara mengatasi laptop macet tidak bisa dimatikan. Masalah laptop tentu tidak ada habisnya, kamu harus sabar dalam mengatasinya membutuhkan informasi yang akurat.

Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah laptop macet dan tidak bisa dimatikan, istilah lainnya adalah ngehang, ngefreeze dan lainnya yang mana kamu tidak dapat menekan apapun pada laptop.

Tampilan laptop tidak dapat digerakan, dan salah satu penyebabnya biasanya adanya aplikasi yang crash atau rusak, kemudian adanya bug pada sistem operasi dan lain-lain.

Namun bagi kamu yang mengalami masalah laptop macet, simak berikut ini langkah-langkah tutorial cara mengatasi laptop macet tidak bisa dimatikan.

Cara Mengatasi Laptop Macet Tidak Bisa Dimatikan

Cara Mengatasi Laptop Macet Tidak Bisa Dimatikan

Bagi kamu yang penasaran, simak berikut ini langkah-langkah tutorial bagaimana cara mengatasi laptop macet tidak bisa dimatikan. Pastikan mencobanya dengan baik.

Tutup Semua Aplikasi 

Jika kamu mengalami masalah laptop yang macet, kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh aplikasi yang tidak merespon yang mana akan membuat layar stuck tidak dapat digunakan.

Untuk mengatasinya, terbilang sangat mudah, kamu hanya perlu menutup paksa semua aplikasi yang telah dibuka, hal ini dilakukan jika kamu tidak mengetahui aplikasi mana yang bermasalah.

Untuk melakukannya, silahkan pergi ke Task Manager, kemudian tandai semua aplikasi, klik kanan dan pilih End Task.

Setelah semua aplikasi berhenti bekerja, maka masalah macet tidak dapat diatasi.

Oh iya, ini akan bekerja bila kamu laptop kamu macet ketika membuka aplikasi saja, sehingga ketika membuka windows laptop akan berjalan.

Setelah itu, silahkan restart saja laptop kamu, dan masalah tersebut sudah dapat teratasi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Sering Restart Sendiri Windows 10

Gunakan Tombol Rahasia

Pertama untuk mengatasi laptop macet dan tidak bisa dimatikan, kamu bisa menggunakan tombol rahasia pada keyboard..

Terdapat tombol yang bisa kamu gunakan untuk mematikan paksa perangkat laptop kamu yang menggunakan Windows.

Kamu bisa menekan tombol ALT + F3 secara bersamaan, kemudian akan muncul sebuah halaman seperti Switch User, Shutdown, Restart, Sleep dan Sign Out.

Nah klik saja bagian Shutdown, dan laptop kamu akan mati, opsi ini akan muncul walaupun laptop kamu mengalmi hang atau freeze.

Menekan Tombol Power

Cara kedua yang bisa digunakan jika cara pertama tidak berhasil, kamu bisa menekan tombol power dengan waktu yang cukup lama.

Cara ini merupakan mematikan paksa perangkat laptop kamu, sehingga laptop akan mati walaupun terkena hang atau freeze.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menekan tombol power laptop selama beberapa detik hingga laptop kamu dalam keadaan mati.

Cara ini akan mengatasi masalah laptop kamu yang macet dan mematikannya. Sehingga ketika dihidupkan laptop akan kembali menjadi normal.

Lepaskan Baterai Laptop

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan adalah dengan mencabut baterai laptop, cara ini terbilang susah bagi kamu yang awan, karena cukup beresiko jika kamu tidak paham mengenai komponen laptop.

Walaupun begitu, jika cara pertama dan kedua tidak berhasil mengatasi masalah laptop yang macet, kamu bisa menggunakan cara ini untuk mengatasinya.

Silahkan copot saja baterai laptop kamu, maka secara otomatis laptop akan mati karena tidak adanya daya.

Kemudian setelah baterai dipasang kembali, dan laptop kembali dihidupkan, masalah macet akan teratasi dengan sendirinya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Ngehang Windows 10

Nah itu saja ulasan mengenai bagaimana cara mengatasi laptop macet tidak bisa dimatikan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada ulasan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *