Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Di Windows 10

3 min read

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Di Windows 10

Flashdisk tidak terbaca di Windows 10 adalah salah satu masalah yang kerap terjadi dan dialami oleh para pengguna Windows 10. Dimana biasanya flashdisk akan secara otomatis muncul di halaman My Computer Windows Explorer saat anda langsung menghubungkannya ke komputer. Namun terkadang ada masalah yang membuat flashdisk jadi tidak terbaca di sistem operasi Windows 10. Lalu bagaimana sih cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di Windows 10 tersebut? Apakah kita harus membongkar komponen dari komputer atau laptop? Jangan terburu-buru, sebab pada postingan ini saya sudah membahas tentang bagaimana sih cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di Windows 10.

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca Di Windows 10

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca Di Windows 10

Sebelum anda mulai mengatasi atau memperbaiki masalah flashdisk tidak terbaca di Windows 10, alangkah lebih baik jika anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja sih penyebab dari flashdisk tidak terbaca di Windows 10.

Dengan mengetahui penyebab flashdisk tidak terbaca di Windows 10 tentu saja anda bisa lebih mudah dalam memperbaikinya, sebab anda sudah tahu kira-kira apa yang menjadi penyebab dari flashdisk tidak terbaca di Windows 10.

  • Driver USB yang bermasalah, entah itu tidak terinstall atau rusak.
  • Sistem operasi yang belum diupdate sehingga menimbulkan masalah yang terjadi pada hard drive dan juga sistem di Windows 10
  • Terdapat kerusakan pada software atau hardware di komputer.
  • USB Controller yang rusak atau tidak stabil.
  • Drive eksternal mengalami masalah.
  • Motherboard komputer yang bermasalah.

Nah itu adalah beberapa penyebab dari flashdisk tidak terbaca di Windows 10. Silahkan coba anda perhatikan apakah kira-kira yang menjadi masalah pada komputer atau flashdisk anda sehingga menyebabkan flashdisk tidak terbaca di Windows 10.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Di Windows 10

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Di Windows 10

Setelah anda mengetahui kira-kira apa yang menjadi penyebab dari flashdisk tidak terbaca di Windows 10, baru sekarang anda bisa melakukan langkah pertolongan atau perbaikan bagaimana cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di Windows 10.

Coba Untuk Merestart Laptop Atau Komputer

Restart komputer atau laptop adalah salah satu langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi berbagai masalah yang menghampiri atau terjadi pada komputer anda. Termasuk juga saat ingin mengatasi bagaimana sih memperbaiki flashdisk tidak terbaca di Windows 10. Cobalah untuk melakukan restart terlebih dahulu terhadap laptop atau komputer anda. Setelah komputer nyala kembali, cobalah untuk menancapkan lagi flashdisk di port USB yang tersedia. Jika anda sudah merestart komputer atau laptop namun flashdisk masih belum terbaca, lanjut pada langkah berikutnya.

Baca juga: Cara Reset Laptop Asus

Coba Tancapkan Flashdisk Ke Komputer Lain

Jika anda sudah merestart laptop atau komputer, namun flashdisk masih belum bisa terbaca anda bisa mencoba untuk menancapkan flashdisk ke komputer lain. Jika ternyata flashdisk bisa terbaca pada komputer lain, maka kemungkinan yang menjadi masalah adalah port USB dari komputer yang sedang anda pakai tersebut.

Mungkin port USB komputer anda berkarat sehingga membuat kinerja dari port USB itu sendiri menjadi tidak maksimal. Untuk itu anda bisa mengisinya dengan menggunakan minyak kayu putih untuk menghilangkan karat yang ada pada port USB.

Copot Perangkat USB Lainnya

Kemungkinan besar penyebab dari flashdisk tidak terbaca di Windows 10 adalah karena terdapat perangkat USB lainnya yang tertancap ke komputer anda. Jika memang begitu, cobalah untuk mencopot terlebih dahulu perangkat USB yang terhubung ke komputer selain flashdisk yang tidak terdeteksi tersebut.

Hal ini karena jika terlalu banyak perangkat USB yang terhubung ke laptop,maka tentu saja dapat menghambat alur kerja dari komputer atau laptop tersebut. Jika memang flashdisk langsung bisa terbaca, kemungkinan besar penyebabnya adalah laptop tidak bisa menerima aliran dari beberapa perangkat USB dalam satu kali waktu.

Mengubah Pengaturan Power Management Terhadap USB Root HUB

Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di windows 10 berikutnya adalah dengan cara mengubah pengaturan dari Power Management untuk USB root. Berikut adalah langkah mudahnya.

  • Pertama silahkan anda tekan tombol Windows + R secara bersamaan, selanjutnya silahkan anda ketik devmgmt.exe pada kolom teks yang tersedia
  • berikutnya silahkan anda klik tanda panah bawah untuk bisa memperluas tampilan dari USB Controller. Klik kanan di bagian USB Root Hub, berikutnya silahkan anda klik Properties.
  • Selanjutnya anda pilih Power Management, kemudian anda hapus centang pada bagian “Allow the computer to turn off device for save power”.
  • Langkah terakhir silahkan anda apply and ok.

Coba hubungkan kembali flashdisk ke port USB yang tersedia, apakah masih tidak bisa terdeteksi? Jika masih tidak bisa terdeteksi, kita lanjut pada cara berikutnya.

Coba Update Driver USB Di Komputer

Jika langkah-langkah diatas masih belum bisa memperbaiki masalah flashdisk yang tidak terbaca di Windows 10. Mungkin mengupdate driver USB bisa menjadi solusi terbaik. Sebenarnya ada dua cara untuk melakukan update terhadap driver USB di komputer, dimana anda bisa mengupdatenya secara manual atau anda juga bisa mengupdatenya secara otomatis.

Untuk anda yang ingin melakukan update secara manual anda hanya perlu mengunjungi situs resmi dari brand laptop atau komputer anda, untuk kemudian anda mengunduh driver port usb terbaru untuk Windows 10. Setelah itu anda hanya perlu menginstalnya seperti biasa.

Mengubah Pengaturan Power Supply

Langkah berikutnya dalam cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di Windows 10 adalah dengan cara mengubah pengaturan dari Power Supply. Berikut dibawah ini adalah cara mengubah pengaturan power supply di laptop.

  • Pertama silahkan anda buka Control Panel, selanjutnya anda pilih menu Hardware and sound
  • Langkah selanjutnya anda pilih pengaturan Power Options.
  • Klik pada pilihan Choose what the power button does.
  • Langkah selanjutnya anda klik change settings that are currently unavailable.
  • Silahkan anda hilangkan centang pada Turn on fast startup.
  • Langkah terakhir silahkan anda klik save changes, kemudian anda restart komputer dan cobalah untuk kembali mencolokan flashdisk ke komputer.

Nah itulah bagaimana cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di Windows 10, semoga informasi yang saya berikan kali ini dapat bermanfaat untuk anda yang sering mengalami masalah flashdisk tidak bisa terbaca pada sistem operasi Windows 10. Jika ternyata anda sudah melakukan berbagai cara yang sudah saya jelaskan diatas, namun ternyata flashdisk masih tidak bisa terbaca. Kemungkinan besar penyebabnya adalah karena kerusakan pada perangkat keras atau hardware, entah itu kerusakan pada port USB atau kerusakan pada flashdisk yang anda gunakan. Tidak ada cara lain selain mengganti perangkat keras tersebut dengan yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *