Cara Mengaktifkan Akun Facebook yang Telah Dihapus Permanen, 5 Langkah Saja

1 min read

Cara Mengaktifkan Akun Facebook

Cara mengaktifkan akun Facebook – Pengguna Facebook pasti pernah mendengar istilah akun yang dihapus secara permanen. Ingin membukanya tapi tidak tahu langkah cara mengaktifkan akun facebook yang telah dihapus permanen? Tenang saja, berikut langkah cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkannya kembali.

Cara Mengaktifkan akun Facebook dengan Mudah

cara mengaktifkan akun facebook, akun facebook di laptop

Menyiapkan Scan Tanda Pengenal

Tanda Pengenal yang disiapkan bisa berupa SIM, KTP maupun Paspor berisikan nama, tanggal lahir ataupun detail identitas lainnya yang sama dengan identitas pada akun facebook. Hasil scan dari tanda pengenal harus jelas dan di scan secara keseluruhan tanpa memotong bagian pada kartu.

Tanda pengenal digunakan untuk proses banding baik penghapusan yang disebabkan oleh keinginan sendiri maupun dari pihak facebook. Jika dihapus karena keinginan sendiri, cara ini berlaku sebelum 14 hari setelah akun dihapus. Penghapusan dari pihak facebook bisa dikarenakan identitas pemilik palsu atau melakukan kejahatan online.

Mengajukan Banding 

Setelah scan kartu tanda pengenal disiapkan maka bisa ke langkah selanjutnya yaitu proses banding. Kunjungilah alamat https://www.facebook.com/help/contact/260749603972907 pada pencarian google atau browser dan tunggulah hingga halaman yang menampilkan konfirmasi berisi nama Alamat email atau nomor hp beserta tempat upload berkas tanda pengenal muncul.

Masukan nama alamat email atau nomor hp yang terhubung dengan akun, semua yang dimasukkan pada proses ini harus asli. Kemudian, masukkan nama lengkap yang sama dengan akun Facebook. Lalu, masukkan hasil scan kartu tanda pengenal yang telah disiapkan dan klik “Kirim” pada akhir form.. Sebelum mengkliknya pastikan semua terisi dan benar.

Menunggu Peninjauan 

Proses ini akan membutuhkan waktu beberapa jam, biasanya tidak lebih dari 24 jam. Apabila tidak mendapatkan email dari Facebook dapat mengajukan kembali ke web sebelumnya. Jika telah mendapatkan email dari Facebook berarti proses telah selesai. 

Proses banding berhasil bila isi email dari Facebook tersebut intinya adalah pihak Facebook telah membuka kunci akun pemilik dan sudah dapat digunakan kembali. Serta permohonan maaf dari pihak Facebook atas ketidaknyamanan dan dimohon untuk memberitahukan kembali bila ada masalah saat masuk ke akun.

Mengecek Kembali Akun 

Setelah mendapatkan email dari Facebook bahwa akun sudah bisa digunakan, cek kembali akun, apakah ada tanda-tanda peretasan atau penyalahgunaan akun. Masukkan username dan password pada akun yang dimiliki. Jagalah keamanan akun dengan cara mengganti password secara berkala.

Jika menggunakan komputer bersama untuk masuk ke akun facebook maka kegiatan ini memiliki peluang yang besar dalam peretasan akun. Bila terpaksa menggunakan komputer bersama maka hapuslah riwayat akun yang telah dimasukkan. Hindarilah mengakses link dari facebook yang mencurigakan.

Mengatur Konfirmasi Identitas

Langkah cara mengaktifkan akun facebook yang telah dihapus permanen hampir selesai. Selanjutnya, kartu tanda pengenal yang telah dimasukkan akan menjadi salinan ID untuk mengenali identitas asli pemilik. ID tersebut tidak bisa dilihat oleh orang lain dan tujuan dari sistem ID ini juga untuk mencegah adanya penyalahgunaan identitas.

Pada bagian Pengaturan Konfirmasi Identitas terdapat pernyataan untuk mengizinkan identitas disimpan dalam sistem atau tidak. Jika menceklisnya berarti identitas tadi disimpan selama kurang lebih satu tahun pada sistem dan jika tidak maka akan bertahan selama 30 hari. Setelah itu, ID tidak ada salinannya.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Kamera di Laptop, untuk Live Facebook BISA!

Itu tadi langkah cara mengaktifkan kembali akun facebook yang telah dihapus permanen. Mengaktifkannya kembali bisa dengan smartphone atau PC. Siapkan syarat yang telah disampaikan supaya proses banding berhasil. Sistem tersebut memang dibuat untuk mencegah penyalahgunaan yang dapat merugikan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *