Cara Mempercepat Loading Laptop Saat Dinyalakan Dengan Mudah

3 min read

Cara Mempercepat Loading Laptop Saat Dinyalakan Dengan Mudah

Cara mempercepat loading laptop saat dinyalakan adalah salah satu ilmu pengetahuan dasar yang harus anda ketahui sebagai pengguna laptop atau komputer agar terhindar dari masalah lemot ketika menyalakan laptop. Karena sudah pasti kita akan merasa jengkel ketika laptop atau komputer yang kita miliki mengalami masalah lemot yang pastinya akan membuat pekerjaan kita menjadi terganggu atau terhambat.

Nah oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan bagaimana sih cara mempercepat loading laptop saat dinyalakan agar anda terhindar dari masalah laptop yang lemot ketika pertama kali booting atau dinyalakan. Walaupun terkesan sebagai informasi dasar, namun sayangnya sampai saat ini masih ada saja beberapa orang atau pengguna laptop yang masih tidak mengetahui bagaimana langkah yang tepat untuk bisa mempercepat loading laptop ketika dinyalakan.

Bagaimana Cara Mempercepat Loading Laptop Saat Dinyalakan?

Tentu saja semua orang akan merasa terganggu dan juga merasa jengkel jika memiliki laptop yang lemot ketika pertama kali dinyalakan atau saat pertama kali laptop dihidupkan. Karena loading yang lama ini membuat anda tidak bisa dengan cepat mengerjakan berbagai macam pekerjaan atau tugas dengan tepat waktu.

Sebenarnya sendiri ada banyak hal yang bisa membuat laptop lemot ketika pertama kali dihidupkan. Diantaranya adalah karena banyak aplikasi yang dijalankan secara otomatis setelah laptop dihidupkan, atau mungkin karena pengaturan booting yang salah.

Nah untuk anda yang sedang mengalami masalah laptop yang lemot ketika pertama kali dinyalakan, tenang saja karena dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa cara mempercepat loading laptop saat dinyalakan.

1. Cara Mempercepat Loading Laptop Saat Dinyalakan Dengan Mematikan Efek yang Tidak Penting

Cara Mempercepat Loading Laptop Saat Dinyalakan Dengan Mudah

Seiring dengan berkembangnya zaman, sistem operasi WIndows sekarang sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur-fitur menarik yang memungkinkan kita bisa mendapatkan tampilan yang keren dari sistem operasi Windows tersebut.

Salah satunya adalah sistem operasi Windows 10 yang saat ini sudah memiliki berbagai macam visual efek guna mempercantik dan memperindah tampilan dari laptop yang anda miliki.

Namun sayangnya, karena terdapat efek visual tersebut bisa berdampak pada kinerja laptop yang akan terbebani oleh visual efek tersebut. Untuk itu, cara mempercepat loading laptop saat dinyalakan anda bisa melakukanya dengan cara mematikan efek yang tidak penting pada sistem operasi.

Pada Windows 10 sendiri adna bisa meningkatkan kecepatan booting dengan cara mematikan visual efek yang tidak begitu penting misalnya seperti efek kursor atau pointer. Berikut adalah bagaimana cara mempercepat loading laptop saat dinyalakan dengan cara mematikan visual efek.

  • Pertama anda buka dulu Windows Explorer.
  • Berikutnya anda klik kanan pada This PC.
  • Kemudian anda pilih properties.
  • Berikutnya anda pilih pada tab Advanced System Settings.
  • Kemudian anda pilih tab Advance, selanjutnya pilih Performance, terakhir pilih settings.
  • Nah terakhir anda berikan centang pada pilihan yang bertuliskan Adjust For Best Performance.
  • Tekan Apply, kemudian pilih OK dan silahkan anda restart laptop yang anda miliki. Rasakan perbedaan dan perubahannya.

2. Mematikan Fitur Jendela Transparan Pada Windows

Cara Mempercepat Loading Laptop Saat Dinyalakan Dengan Mudah

Selain efek animasi pada kursor, Windows juga memiliki fitur jendela transparan yang bisa membuat tampilan dari sistem operasi yang sedang anda gunakan menjadi lebih elegan dan futuristik.

Namun sama seperti efek sebelumnya, jika kita menggunakan mode jendela transparan tentu saja akan berdampak terhadap kinerja laptop yang akan terbebani tersebut. Mode transparan juga menjadi salah satu penyebab dari laptop yang lemot ketika pertama kali dinyalakan. Oleh sebab itu anda bisa mematikan fitur transparan ini pada Windows.

Untuk anda yang belum mengetahui bagaimana caranya, berikut dibawah ini adalah bagaimana cara mempercepat loading laptop saat dinyalakan dengan cara mematikan mode jendela transparan.

  • Pertama anda klik kanan pada Desktop atau tampilan wallpaper laptop anda.
  • Berikutnya anda pilih menu Personalize.
  • Selanjutnya anda pilih menu tab Colors.
  • Kemudian anda hanya tinggal perlu mematikan fitur transparent windows yang terdapat pada jendela pengaturan warna tersebut.

Selesai, sekarang anda hanya perlu melakukan restart terhadap laptop yang anda miliki dan rasakan perbedaanya.

3. Mengaktifkan Fitur Windows Fast Startup

Cara Mempercepat Loading Laptop Saat Dinyalakan Dengan Mudah

Cara mempercepat loading laptop saat dinyalakan berikutnya anda bisa mengaktifkan fitur Windows Fast Startup. Dimana sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan laptop bisa dinyalakan dengan cepat. Nah untuk anda yang ingin menghilangkan kinerja lemot pada laptop saat baru pertama kali dinyalakan, manfaatkan saja fitur ini untuk mempercepat loading laptop ketika dinyalakan.

Untuk anda yang belum mengetahui bagaimana cara menyalakan fitur ini. Berikut dibawah ini adalah bagaimana cara mempercepat loading laptop saat dinyalakan dengan memanfaatkan fitur Windows Fast Startup.

  • Pertama anda tekan tombol Windows.
  • Kemudian anda coba cari “Edit Power Plan” kemudian anda buka aplikasi tersebut jika sudah ketemu.
  • Berikutnya pada bar atau url di bagian control panel, anda pilih menu Power Option atau kembali satu folder sebelumnya.
  • Lihat menu yang berada di sebelah kiri dengan tulisan Choose What The Power Button Do.
  • Nah kemudian anda pilih pada menu Change Settings That Are Currently Unavailable.
  • Terakhir anda beri centang pada menu Turn On Fast Startup.
  • Silahkan anda pilih tombol Save Changes.

Untuk bisa merasakan perbedaan kinerja laptop dari sebelumnya, silahkan anda restart dulu laptop kemudian rasakan bagaimana perbedaanya.

4. Cara Mempercepat Loading Laptop Saat Dinyalakan Dengan Mematikan Service Windows

Cara Mempercepat Loading Laptop Saat Dinyalakan Dengan Mudah

Sistem operasi Windows sebenarnya terdiri dari banyak service yang ada sehingga membentuk sistem operasi yang sangat komplek. Nah dalam sistem operasi Windows ini tentu saja terkadang terdapat service Windows yang terasa tidak begitu penting, jadi mau service tersebut ada atau tidak tidak begitu mempengaruhi kinerja dari laptop.

Nah anda bisa mempercepat loading laptop saat dinyalakan dengan cara mematikan service Windows yang tidak begitu dibutuhkan. Beberapa service windows ini akan berjalan secara otomatis walaupun kita tidak menjalankan sebelumnya.

Akibatnya tentu saja akan berdampak terhadap kinerja dari laptop Windows yang akan terasa lebih lemot atau berat. Untuk itu, berikut dibawah ini adalah bagaimana cara mempercepat loading laptop saat dinyalakan dengan mematikan services Windows yang tidak begitu penting.

  • Pertama anda ketik Windows + R pada keyboard.
  • Kemudian anda ketik “Msconfig” kemudian anda buka aplikasi tersebut.
  • Berikutnya setelah terbuka, anda pilih beberapa services yang tidak perlu atau tidak begitu dibutuhkan dengan cara menghilangkan tanda centang pada beberapa service Windows tersebut.
  • Terakhir, anda hanya perlu menekan Apply kemudian OK.
  • Restart laptop untuk merasakan perbedaannya.

Nah itulah beberapa cara mempercepat loading laptop saat dinyalakan. Semoga informasi yang saya berikan kali ini dapat bermanfaat untuk anda yang merasa jengkel dengan kinerja laptop yang lelet dan tidak optimal digunakan untuk bekerja ringan ataupun berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *