Bagaimana Cara Memperbaiki WiFi Laptop Yang Tidak Bisa Connect

3 min read

Cara Memperbaiki WiFi Laptop Yang Tidak Bisa Connect

Cara memperbaiki WiFi laptop yang tidak bisa connect  tentu saja menjadi salah satu hal yang sangat penting anda ketahui saat ini. Sebab di masa pademi ini, laptop dan WiFi menjadi perangkat penting yang dibutuhkan oleh pekerja kantor, mahasiswa, bahkan siswa sekalipun. Laptop dan WiFi mempunyai peranan penting sebagai penunjang masyarakat yang selama pandemi ini banyak kegiatan yang dilakukan secara online.

Namun pada suatu kasus, laptop mengalami masalah tidak bisa terhubung ke WiFi. Masalah tersebut  bisa terjadi karena error pada perangkat WiFi maupun error pada laptop itu sendiri. Jika anda yang mengalami hal tersebut, tidak perlu khawatir. Apalagi untuk anda yang masih awam atau pemula dalam dunia komputasi. Karena ada beberapa cara memperbaiki WiFi laptop yang tidak bisa connect yang dapat anda lakukan sendiri di rumah.

Masalah WiFi laptop yang tidak bisa connect merupakan hal yang bisa kamu alami kapanpun dan dimanapun. Permasalahannya juga beragam, mulai dari error pada jaringan WiFi, perangkat router yang bermasalah, hingga terjadi kendala teknis pada laptop. Bukan tidak bisa diatasi, masalah ini sebenarnya cukup mudah diselesaikan jika anda mengetahui beberapa cara memperbaikinya.

Untuk mengatasi masalah WiFi laptop yang tidak bisa connect. Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara memperbaiki WiFi laptop yang tidak bisa connect

Bagaimana Cara Memperbaiki WiFi Laptop Yang Tidak Bisa Connect

Untuk anda yang masalah WiFi laptop yang tidak bisa connect, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah tidak perlu khawatir. Karena laptop masalah WiFi laptop yang tidak bisa connect sebenarnya bisa diatasi dengan cukup mudah. Yuk ikuti bagaimana cara memperbaiki WiFi laptop yang tidak bisa connect di bawah ini.

Cek Jaringan WiFi

Cara memperbaiki WiFi laptop

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk memperbaiki WiFi laptop yang tidak bisa connect adalah anda harus mengetahui apakah jaringan WiFi tersebut memang dapat terhubung ke internet atau tidak. Anda dapat bertanya kepada pengguna jaringan WiFi yang sama.

Sehingga anda dapat memastikan bahwa penyebab laptop tidak bisa connect ke WiFi itu dari jaringan WiFi atau dari laptop anda.

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah mengetes jaringan WiFi menggunakan perangkat lain. Jika ternyata tidak bisa juga berarti permasalahan selesai, jaringan WiFi tersebut yang mengalami masalah.

Enable Adapter Wi-Fi

Terkadang adapter WiFi di laptop akan menjadi disable. Hal tersebut bisa saja terjadi karena laptop pernah ke restart ulang. Anda harus mengubah status disable menjadi enable. Hal ini agar adapter WiFi bisa untuk dipergunakan kembali :

  1. Untuk status adapter WiFi yang masih disable. Klik kanan pada ikon WiFi, kemudian pilih Open Network & Internet settings.
  2. Klik kanan pada ikon WiFi lalu pilih Open Network & Internet settings.
  3. Setelah itu, pilih Status > lalu pilih Change adapter options.
  4. Pilih status lalu pilih Change adapter options.
  5. Terakhir, silahkan klik kanan pada WiFi > lalu klik Enable. Nama jaringan WiFi ini dapat berupa nama WiFinya langsung.

Status WiFi di Laptop Harus ON

Cara memperbaiki WiFi laptop

Cara ketiga ini penting untuk dilakukan. Coba anda lakukan pengecekan terhadap status WiFi di laptop anda apakah sedang on atau off. Terkadang, pengaturan status WiFi yang dibuat akan otomatis off dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Jadi, sebaiknya buat pengaturan WiFi secara manual dan anda harus memastikan bahwa status WiFi di laptop anda dalam keadaan on saat ini.

  1. Lihat apakah ikon WiFi pada taskbar memiliki tanda silang merah > lalu klik pada ikon WiFi tersebut.
  2. Jika status WiFi dalam keadaan turn off.
  3. Anda harus membuat status WiFi menjadi on.

Ada 2 cara membuat status WiFi menjadi on, yaitu  dari tombol keyboard. Tekan tombol Fn + F3 secara bersamaan sehingga status WiFi menjadi on. Atau anda juga bisa melakukannya dengan cara melakukan pengaturan pada network & internet settings.

  1. Klik kanan pada ikon WiFi di taskbar > lalu pilih Open Network & Internet settings.
  2. Setelah itu, pilih WiFi > lalu turn on WiFi > kemudian pilih Turn WiFi back on secara manual.
  3. Kemudian, pastikan bahwa anda tidak berada di mode pesawat. Pilih Airplane mode > lalu pastikan bagian Airplane Mode dalam keadaan off.

IP Address dan DNS Server Diubah Menjadi Otomatis

Secara default, IP Address dan DNS Server pada beberapa laptop diatur secara manual, lebih baik anda mengaturnya menjadi otomatis sehingga anda tidak perlu mengisi setiap IP Address dan DNS Server yang akan digunakan. Caranya cukup mudah, yaitu :

  1. Klik kanan pada ikon WiFi yang terdapat di taskbar > lalu pilih Open Network & Internet settings.
  2. Setelah itu, pilih Change adapter options.
  3. Kemudian, klik kanan pada WiFi > lalu pilih Properties.
  4. Selanjutnya, itu pilih tab Networking > lalu double click atau klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).
  5. Terakhir, pilih tab General > lalu pilih Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically > lalu klik OK.

Update Driver WiFi

Cara memperbaiki WiFi laptop

Syarat untuk terhubung ke jaringan WiFi adalah laptop anda sudah harus terinstall driver yang digunakan oleh WiFi supaya dapat terhubung. Jika driver WiFi di laptop anda sudah kadaluarsa, ini bisa menyebabkan masalah dimana laptop tidak bisa connect ke WiFi dan anda harus mengupdatenya. Cara update driver cukup mudah, yaitu :

  1. Buka File Explorer terlebih dahulu dengan cara klik ikon search pada taskbar > lalu ketik File Explorer > lalu pilih FIle Explorer.
  2. Setelah itu, klik kanan pada This PC atau My Computer > lalu pilih Properties.
  3. Kemudian, pilih Device Manager.
  4. Selanjutnya, akan tampil jendela baru Device Manager. Silahkan klik pada bagian Network adapters > lalu klik kanan pada driver Wi-Fi atau apakah terdapat driver dengan tanda silang merah, tanda seru kuning, atau tanda lainnya
  5. lalu klik kanan pada driver tersebut kemudian pilih Update driver untuk memperbarui atau pilih Uninstall device, akan ada pemberitahuan setelahnya untuk menginstall kembali driver tersebut.
  6. Setelah selesai klik kanan kembali pada driver tersebut lalu pilih Scan for hardware changes.

Mengatur Wireless Adaptor pada Mode Power Saving

Pada Mode Power Saving, laptop akan mengurangi performa laptop, mulai dari prosesor, tingkat kecerahan layar dan juga koneksi internet. Sehingga dalam Mode Power Saving, kecepatan internet juga menjadi lambat. Untuk mengatasinya, anda dapat mengatur Wireless Adaptor pada Mode Power Saving dengan langkah langkah berikut:

  1. Masuk ke menu Control Panel > Hardware & Sound > Power Options.
  2. Pada menu Power Options, klik tombol Change Advance Power Settings.
  3. Pada opsi Wireless Adaptor Settings, ubah opsi Power Saving Mode di pilihan On Battery dan Plugged In menjadi Maximum Performance.

 Nah itulah bagiamana cara memperbaiki wifi laptop yang tidak bisa connect. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mencari bagaimana cara memperbiaki wifi laptop yang tidak bisa connect.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *