Penyebab dan Cara Memperbaiki Keyboard Lenovo Tidak Berfungsi dengan Mudah

2 min read

Cara Memperbaiki Keyboard Lenovo

Apabila keyboard laptop Lenovo tidak berfungsi pastinya akan membuat pengguna sangat frustasi. Apalagi jika sedang ada deadline tugas atau pekerjaan dalam waktu yang dekat. Meskipun berasal dari merek terkenal sekalipun, namun jika usia laptop yang sudah lama bisa saja membuat turunnya kinerja keyboard. Kami akan menyajikan artikel mengenai penyebab dan cara memperbaiki keyboard lenovo.

Penyebab Keyboard Lenovo Tidak Berfungsi

Ada berbagai penyebab keyboard Lenovo tidak berfungsi dengan baik. Semisal karena sejumlah faktor yang diakibatkan oleh sistem dan pemakaian di bawah ini:

1. Debu yang Menumpuk

Debu dan kotoran yang terlalu banyak menumpuk di bagian sela-sela keyboard pastinya akan mengganggu fungsi papan ketik. Hal ini terjadi karena debu menghambat kinerja dan sistem fungsi dari keyboard itu sendiri. Akibat tidak menyadari hal tersebut, yang awalnya hanya satu tombol saja yang tidak berfungsi, lama kelamaan bisa terjadi kerusakan total.

2. Bug pada Sistem Operasi

Sistem operasi yang bermasalah akan membuat beberapa perangkat menjadi terganggu kerjanya, termasuk juga keyboard. Ini juga termasuk salah satu penyebab utama tidak berfungsinya keyboard Lenovo. Oleh sebab itu, sistem operasi harus dipastikan apakah ia bekerja secara normal atau tidak.

3. Konektor yang Terlepas

Kabel konektor berfungsi untuk menghubungkan Motherboard laptop dengan papan ketik. Apabila konektor ini tiba-tiba terlepas ataupun kendor, maka keyboard tidak akan bisa digunakan sama sekali. Sebab koneksi keduanya sudah hilang.

4. Masalah Pada Driver

Driver yang kurang cocok dengan software bisa menyebabkan papan ketik pengguna Lenovo tidak bisa berfungsi. Selain itu, adanya kerusakan pada software driver juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Kedua masalah ini sudah sangat sering dialami oleh pengguna Lenovo.

Cara Memperbaiki Keyboard Lenovo Tidak Berfungsi

Setelah mengetahui penyebabnya, maka kini pengguna bisa menentukan dan memilih cara manakah yang seharusnya digunakan. Selain itu, ini juga bisa dijadikan pengalaman agar lebih memperhatikan pengoperasian keyboard ini. Berikut cara memperbaiki keyboard Lenovo:

1. Kenali Kerusakan Keyboard

Pada umumnya, hanya ada dua kerusakan yang terjadi pada keyboard laptop Lenovo yaitu pada software atau hardwarenya. Lalu bagaimana cara mengetahuinya? Pengguna bisa akses BIOS di laptop. Jika bisa diakses, artinya kerusakan tersebut disebabkan karena softwarenya. Maka, yang perlu diperbaiki hanyalah software saja.

2. Membersihkan Keyboard

Apabila hanya sebagian tombol saja yang rusak, maka bisa jadi di sana terselip tumpukan debu yang banyak. Namun, kerusakan total pun juga bisa terjadi jika dibiarkan begitu saja. Oleh sebab itu, debu ini harus segera disingkirkan. Cara yang paling efektif adalah dengan membuat laptop menjadi miring kira-kira 75o lalu goyangkan laptop.

3. Memuat Ulang Perangkat

Dengan restart laptop, diharapkan bisa mengatasi masalah keyboard Lenovo yang sudah tidak berfungsi ini. Keyboard yang tidak merespon bisa jadi karena ada masalah pada software dan drivernya. Namun, apabila cara ini belum bekerja, kemungkinan perangkat kerasnya lah yang bermasalah.

4. Melakukan Restore Windows

Keyboard bisa saja tidak responsif lagi setelah pengguna menginstal aplikasi baru dan mengubah pengaturannya. Oleh sebab itu cobalah untuk restore Windows. Caranya yaitu dengan masuk ke Control Panel selanjutnya pilih menu system. Lalu klik Back up your computer dan pilih opsi Open System Restore.

5. Memperbaiki Driver Keyboard

Driver keyboard yang sudah tidak up to date lagi bisa menyebabkan keyboard menjadi tidak responsif. Cara ini bisa diatasi dengan masuk ke Control Panel lalu pilih Device Manager. Selanjutnya pada menu keyboard akan muncul menu driver di bawahnya. Apabila ada segitiga kuning artinya terdapat masalah dan driver harus segera diupdate.

Itulah penyebab serta cara untuk memperbaki kembali keyboard laptop Lenovo tidak berfungsi. Pada umumnya masalah ini memang disebabkan adanya kerusakan pada hardware ataupun software. Namun, apabila cara ini tidak mampu mengatasi masalah tersebut, sebaiknya laptop dibawa ke tukang servis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *