Cara Membersihkan Laptop Agar Tidak Lemot Saat Digunakan

3 min read

Cara Membersihkan Laptop

Laptop yang lemot tentu saja menjadi salah satu permasalahan yang sering terjadi dan paling sering dialami oleh para pengguna laptop. Namun sayangnya masih ada banyak orang atau pengguna yang belum mengetahui kira-kira bagaimana sih cara membersihkan laptop agar tidak lemot yang tepat dan mudah.

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa salah satu dari penyebab laptop yang lemot adalah karena terjadi penumpukan dari file sampah yang ada di hardisk. File sampah yang dimaksud disini adalah seperti file-file sisa yang ditinggalkan oleh aplikasi-aplikasi yang sudah anda hapus atau anda uninstall sebelumnya, file temporary atau file yang anda hapus namun tersimpan di recycle bin.

Selain itu, terkadang ada juga beberapa file sampah yang berupa cache atau file sementara yang tersimpan di dalam memori saat anda menjalankan suatu aplikasi atau program. Sebenarnya fungsi dari cache ini adalah untuk mempercepat waktu pembukaan aplikasi di kemudian hari.

Tentu saja jika terjadi berbagai macam penumpukan file sampah dan juga cache secara terus menerus di hardisk, akan bisa menguras kapasitas hardisk. Dampaknya juga akan bisa membuat laptop menjadi lemot saat digunakan, oleh sebab itu sangat penting untuk anda dalam mengetahui bagaimana cara membersihkan laptop agar tidak lemot.

Cara Membersihkan Laptop Agar Tidak Lemot

Cara Membersihkan Laptop Agar Tidak Lemot

Seiring dengan berkembangya teknologi dan zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, sekarang ini pekerjaan sudah bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Semua pekerjaan bahkan bisa dilakukan dengan mudah melalui komputer atau laptop di rumah.

Tentu saja keberadaan dari laptop sangat mendukung aktivitas tersebut. Namun anda juga harus memperhatikan kondisi dari laptop anda, agar jangan sampai kotor atau lemot. Karena jika sampai laptop lemot tentu saja bisa menghambat berbagai macam aktivitas anda tersebut. Untuk itu, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan bagaimana sih cara membersihkan laptop agar tidak lemot dengan mudah.

Hapus Aplikasi Yang Sudah Tidak Dipakai Lagi

Salah satu penyebab dari laptop lemot adalah karena banyaknya aplikasi yang terinstall di laptop tersebut. Oleh sebab itu anda harus menghapus atau meng uninstall beberapa aplikasi yang sudah tidak dipakai atau jarang dibuka lagi. Dengan begitu tentu saja space atau ruang kosong di hardisk laptop akan sedikit lebih lega.

Tidak cukup sampai disitu, anda juga harus menggunakan bantuan aplikasi uninstaller sehingga semua file sampah yang ditinggalkan oleh aplikasi-aplikasi saat ingin anda hapus tersebut bisa dibuang atau dihapus sampai ke akar-akarnya. Dengan begitu anda bisa terhindar dari penumpukan file sampah yang kemungkinan bisa saja terjadi saat anda menghapus aplikasi.

Mematikan Program Yang Tidak Berguna Saat Startup

Kemungkinan yang menjadi penyebab dari laptop lemot adalah karena banyaknya aplikasi atau program startup yang tidak berguna. Hal ini karena beberapa program startup akan berjalan secara otomatis ketika laptop baru saja dinyalakan atau dihidupkan. Sehingga tidak anda buka sekalipun, program ini akan berjalan di latar belakang.

Oleh sebab itu anda harus mematikan fitur program startup yang tidak begitu berguna saat startup. Caranya adalah dengan melalui Task manager, kemudian anda pilih pada tab startup kemudian anda periksa di dalam tab startup tersebut apakah ada program atau aplikasi yang tidak begitu digunakan sehingga bisa membebani proses startup atau tidak. Nah setelah anda menemukan program yang tidak begitu berguna, anda bisa mematikan atau mendisable aplikasi tersebut saat startup.

Membersihkan File Sampah Di Laptop Dengan Menggunakan Aplikasi Bawaan Sistem Operasi

Cara Membersihkan Laptop Agar Tidak Lemot berikutnya anda bisa menggunakan software atau aplikasi bawaan dari Windows. Dimana dalam sistem operasi Windows ini sudah terdapat aplikasi yang bernama Disk Cleanup yang bisa anda gunakan untuk membersihkan berbagai macam file sampah, cache, dan juga temporary file.

Namun walaupun begitu, sayangnya masih ada banyak pengguna Windows yang masih belum mengetahui bagaimana sih Cara Membersihkan Laptop Agar Tidak Lemot dengan menggunakan bantuan Disk Clean Up. Untuk itu, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan secara lengkap.

  1. Langkah pertama silahkan anda buka dulu aplikasi Disk Cleanup dengan cara mengklik tombol Start, kemudian anda ketik saja Disk Clean Up untuk menjalankan aplikasi tersebut.
  2. Langkah berikutnya, nanti akan muncul jendela baru untuk memilih drive yang ingin dibersihkan. Silahkan anda pilih saja drive C, kemudian anda klik OK.
  3. Tunggu aplikasi Disk Clean up melakukan proses scanning sampai selesai.
  4. Berikutnya setelah proses scanning selesai, silahkan anda centang pilihan yang ingin anda hapus. Untuk menghapusnya, silahkan anda tekan OK untuk membersihkan.
  5. Jika nanti muncul pertanyaan berupa “Are You Sure Want to permanently delete this file?” silahkan anda klik saja tombol delete files.
  6. Selesai, coba restart laptop anda apakah masih lemot atau tidak.

Membersihkan File Laptop Dengan Menggunakan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Bukan hanya menggunakan bantuan aplikasi Disk Cleaner saja, namun anda juga bisa memilih membersihkan file laptop dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner. Seperti yang sudah diketahui, bahwa CCleaner adalah salah satu aplikasi utilitas yang terbukti sangat ampuh untuk membersihkan file-file sampah seperti cache aplikasi, temporary file dan juga file duplikat.

Lalu bagaimana cara membersihkan laptop dengan CCleaner? berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan.

  1. Langkah pertama silahkan anda download dan install aplikasi CCleaner untuk Laptop anda.
  2. berikutnya silahkan anda jalankan aplikasi CCleaner tersebut.
  3. Langkah selanjutnya silahkan anda beri centang terhadap bagian-bagian mana yang ingin anda hapus atau bersihkan.
  4. Lanjut pada proses berikutnya silahkan anda klik pada tombol analyze untuk melakukan analisis terhadap beberapa pilihan yang sudah anda pilih tersebut.
  5. Setelah selesai melakukan analisa, klik pada tombol run cleaner untuk membersihkan atau menghapus file sampah tersebut dengan menggunakan CCleaner.

Membersihkan Disk Dengan Menggunakan Disk Defragmenter

Salah satu hal yang membuat laptop lemot adalah karena hardisk yang jarang mendapatkan defragmenter. Oleh sebab itu salah satu cara untuk membersihkan laptop agar tidak lemot bisa anda lakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi disk defragmenter.

Disk defragment sangat dibutuhkan, terutama untuk anda yang memiliki laptop dengan media penyimpanan yang masih hardisk. Dengan melakukan defrag tentu saja penyimpanan di hardisk bisa tersimpan dan juga terorganisir dengan baik.

Namun, walaupun begitu proses defrag biasa nya membutuhkan waktu yang lama. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk anda menjalankan aktivitas defragment ini saat malam hari agar aktivitas anda yang lainnya tidak akan terganggu saat laptop sedang di defragment.

Nah itulah beberapa cara membersihkan laptop agar tidak lemot saat digunakan yang bisa anda lakukan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang sering mengeluhkan performa laptop yang lemot. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *