Cara Mematikan Laptop Yang Hang Windows 10

3 min read

Cara Mematikan Laptop Yang Hang

Tahukah Anda tentang Cara Mematikan Laptop Yang Hang Windows 10 yang tidak bisa dimatikan?? pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara Mematikan Laptop Hang Yang Tidak Bisa Dimatikan kepada kalian semua.

Pernah mengalami laptop hang?, hal ini tentu cukup mengganggu kita. Hanya ada satu cara untuk mengatasi hang, yaitu dengan mematikannya. Namun, bagaimana Cara Mematikan Laptop Yang Hang Windows 10? Oleh karena itu, simak cara-cara berikut ini.

Penyebab Laptop Hang di Windows 10

Terlalu Panas

Panas yang berlebihan bisa memperlambat kerja laptop sampai akhirnya menyebabkan laptop membeku atau hang. Temperatur yang cukup tinggi bahkan dapat merusak sirkuit terintegrasi pada sistem prosesor laptop Anda dan membuatnya tidak dapat digunakan.

Pengaturan BIOS

Setiap perubahan yang terjadi pada pengaturan BIOS juga bisa menyebabkan sebuah masalah yang dapat menyebabkan sistem pada laptop masuk ke mode beku.

Kurangnya Memori

Masalah laptop hang yang umumnya terjadi pada setiap laptop dikarenakan kurangnya sebuah RAM yang terpasang pada laptop tersebut. Untuk itu, coba cek kapasitas memori yang terpasang di laptop Anda, dan jika perlu Anda bisa mengupgradenya.

Terlalu Banyak Program Yang Diinstal

Periksa program apa yang diinstal pada laptop Anda. Saran kami adalah Anda dapat meng-uninstall / menghapus program yang tidak diperlukan atau jarang Anda gunakan.

Terlalu Banyak Program Yang Berjalan

Hal ini erat kaitannya dengan point no 2 diatas, tentunya semakin banyak aplikasi yang terinstall maka semakin banyak pula program yang otomatis dijalankan saat Windows startup. Untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan, Anda dapat menggunakan alat tersebut. Dengan menggunakan alat ini Anda dapat melihat dan menonaktifkan aplikasi yang tidak perlu.

Masalah Pada Hardisk(HDD)

Harddisk merupakan salah satu komponen yang menyebabkan laptop hang. Masalah laptop hang yang umumnya terjadi karena harddisk termasuk space harddisk yang rendah, terfragmentasi, error/bad sector, dan lain sebagainya. Jika memang benar ada masalah dengan harddisk, salah satu cara terbaik adalah dengan menggantinya. Anda juga bisa menggantinya dengan SSD yang saat ini sedang hyped karena dinilai lebih baik.

Temporary File Yang Membengkak

Penyebab laptop hang selanjutnya adalah file temporary yang membengkak. Untuk membersihkannya anda bisa menjalankan program Disk Cleanup. Klik saja start – run lalu saat Disk Cleanup lalu pilih drive yang akan dibersihkan.

Terlalu Banyak Program Keamanan

Program keamanan seperti antivirus adalah aplikasi tambahan yang harus ada di laptop. Program keamanan tentunya sangat membantu laptop dalam menangkal virus, namun akan berdampak buruk jika terlalu banyak program antivirus yang terpasang di laptop Anda.

Adanya Virus Dan Malware

Hal ini bisa disebut kebalikan dari poin 6, yaitu tidak menginstal program keamanan seperti antivirus, sehingga laptop Anda dimasuki oleh virus dan malware yang berdampak buruk pada laptop Anda. Segera install antivirus dan setelah itu coba hilangkan virus dan malware yang terdapat di laptop anda.

Terdapat Corrupt Pada System Files

Hal ini biasanya terjadi setelah laptop Anda terkena virus dan file yang terinfeksi sudah rusak atau terhapus oleh virus. Solusi termudah adalah dengan memperbaiki sistem operasi yang digunakan pada laptop Anda.

Perangkat Keras Terlalu Panas

Hardware overheating dapat terjadi pada harddisk, processor, VGA card, dan lain-lain. Secara umum dapat menyebabkan penurunan kinerja laptop yang akhirnya hang, melambat atau bahkan restart dengan sendirinya. Untuk memastikan sirkulasi udara di bagian dalam CPU berjalan dengan baik dan optimal.

Masalah Konektivitas Jaringan

Ini biasanya terjadi ketika lalu lintas jaringan yang tinggi menyebabkan virus mencoba masuk ke sistem laptop. Untuk memperbaikinya, coba lepas dan pasang kembali konektor LAN selama beberapa waktu lalu gunakan program pemindai port untuk melihat apa yang masuk dan keluar dari laptop. Di atas, kami telah menjelaskan penyebab paling umum dari laptop hang. Selanjutnya dibawah ini kita akan mengulas cara mengatasi laptop hang. Semoga bermanfaat.

Cara Mematikan Laptop Yang Hang Di Windows 10

Menggunakan Kombinasi Tombol Keyboard

Ada banyak kombinasi tombol pintasan keyboard rahasia di sistem operasi Windows. Salah satu contoh kombinasi sebuah tombol shortcut keyboard rahasia yaitu untuk mematikan suatu komputer lebih cepat. Kombinasi tombolnya juga sangat mudah diingat, triknya tekan tombol ALT+F4 secara bersamaan dan setelah itu muncul kotak dialog yang berisi beberapa pilihan, seperti Shutdown, restart, sleep. Beralih pengguna, dan keluar.

Anda bisa langsung memilih opsi shutdown untuk bisa mematikan laptop secara langsung. Namun ada baiknya jika Cara Mematikan Laptop Yang Hang Windows 10 ini dilakukan dalam kondisi darurat dan jika laptop anda masih berjalan normal tujuannya agar kesehatan laptop tetap normal.

Membuat Suatu File Shortcut

Cara ini bisa dibilang sebagai cara yang cukup praktis untuk mematikan laptop yang hang. Yang perlu kita lakukan adalah membuat file pintasan baru dengan mengklik kanannya, dan memilih opsi “pintasan baru”. Jika file shortcut sudah dibuat, kita bisa langsung memasukkan baris kode yaitu “%windir%\system32\shutdown.exe –s –t 0” tanpa tanda petik.

Setelah selesai, klik tombol next dan shortcut tombol shutdown telah dibuat. Kita bisa mengkliknya untuk bisa mematikan komputer secara paksa jika komputer kita hang. Cara ini sebenarnya hampir mirip dengan cara mematikan komputer menggunakan command prompt, namun cara ini diyakini jauh lebih cepat dan juga lebih efektif.

Mengganti Fungsi Dari Tombol Power

Jika laptop yang Anda gunakan sudah terinstall Windows 10, Anda bisa menggunakan cara ini jika semua cara di atas tidak berhasil. Cara ini sangat sering dilakukan oleh banyak orang dalam keadaan darurat ketika laptop yang mereka gunakan dalam keadaan error atau hang.

Sebenarnya cara mematikan laptop ini bisa dikatakan cara yang cukup beresiko, karena cara ini menggantikan fungsi tombol power yang sebelumnya berfungsi sebagai tombol yang digunakan untuk menghidupkan laptop, kemudian berubah fungsinya menjadi tombol untuk mematikan laptop. matikan laptopnya.

Caranya masuk ke bagian control panel di windows dengan menekan kombinasi tombol WINDOWS + R secara bersamaan, dan mengetik control panel. Setelah panel kontrol muncul, pilih menu “Hardware & Sound”. Setelah selesai, di bagian opsi daya, Anda dapat mengklik tombol yang bertuliskan “Ubah apa yang dilakukan kekuatan tombol”. Setelah selesai, kita bisa mengubah “ketika saya menekan tombol power” yang semula sleep menjadi shutdown.

Jika semua cara tersebut sudah dilakukan, Anda bisa langsung menekan tombol OK. Setelah menerapkan cara ini, tombol power pada laptop kita tidak hanya berfungsi sebagai tombol untuk menghidupkan laptop, tetapi juga dapat digunakan untuk mematikan laptop. Namun, perlu diingat bahwa Anda dapat menerapkan metode ini hanya dalam situasi darurat.

Demikian ulasan tentang Inilah Cara Mematikan Laptop Yang Hang Windows 10 semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *