Cara Cek VGA Laptop Rusak atau Tidak

1 min read

Ada beberapa langkah bagi kamu untuk cara cek VGA laptop rusak atau tidak, terutama bagi kamu yang bingin kenapa tiba-tiba laptop kamu bermasalah.

VGA atau GPU merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah perangkat laptop, yang anak fungsi utamanya adalah untuk memproses grafis yang tampil pada layar laptop.

Semakin bagus VGA, maka semakin tangguh laptop kamu, baik digunakan untuk pekerjaan dan bermain game.

Namun jika suatu waktu kamu mengalami masalah pada VGA, berikut ini informasi mengenai cara cek VGA laptop rusak atau tidak. Simak baik-baik ya.

Cara Cek VGA Laptop Rusak atau Tidak

Cara Cek VGA Laptop Rusak atau Tidak

Berikut ini cara cek VGA laptop rusak atau tidak yang harus kamu ketahui agar dapat dengan mudah mengetahui kerusakan yang ada pada komponen VGA.

Laptop Sering Bermasalah

Ada kerusakan pada VGA akan membuat laptop kamu sering mengalami masalah, terutama ketika kamu menjalankan program yang berat dan memerlukan grafis.

Misalnya seperti bermain game, menjalankan aplikasi Video atau Foto Editing dan lainnya, masalahnya adalah laptop akan tiba-tiba mati atau reboot sendiri.

Selain itu, kamu juga akan mendengar suara beep pada laptop yang cukup keras, hal ini bisa disebabkan oleh VGA pada laptop.

Adanya beep tersebut menandakan adanya komponen yang error sehingga pada motherboard akan merespon kerusakan dengan munculnya suara beep.

Jika kamu mengalami masalah terutama pada grafis atau gambar pada layar laptop, besar kemungkinan disebabkan oleh VGA yang rusak.

FPS Tiba-Tiba Drop Ketika Bermain Game

Adanya kerusakan ringan pada VGA dapat diketahui terutama ketika kamu bermain game, biasanya Frame Rate Per Second atau FPS ketika bermain akan turun tiba-tiba dan tidak normal.

Biasanya kamu mungkin lancar bermain di 60FPS, namun tiba-tiba FPS akan sangat turun secara signifikan pada game yang sama.

Hal ini bisa saja terjadi karena VGA sudah perlahan-lahan mengalami kerusakan, terutama jika sudah termakan umur.

Gangguan Pada Layar Laptop

Untuk cara cek VGA laptop rusak atau tidak berikutnya bisa disebabkan karena masalah pada layar, seperti layar yang berkedip, warna layar yang berubah, hingga masalah lainnya yang mengganggu pada layar.

Hal ini disebabkan oleh VGA yang mengalami kerusakan, namun penyebab lainnya mungkin terletak pada kabel fleksibel yang sudah rusak.

Kamu bisa membedakan kerusakan pada layar ini, misalnya kabel fleksibel yang rusak akan muncul layar berkedip ketika kamu menggoyangkan layar.

Namun jika layar berkedip dalam posisi yang tetap, hal ini bisa disebabkan pada VGA yang rusak.

Kipas VGA Bising atau Tidak Bekerja

Sama seperti pada chipset, VGA juga memiliki kipas yang berfungsi untuk mengurangi suhu panas pada laptop, ciri-ciri kerusakan pada kipas VGA bisa diketahui dengan dua cara.

Pertama, kipas VGA akan sangat bising dan berputar dengan cepat, akan tetapi ketika kamu hanya menjalankan aplikasi yang ringan saja.

Kedua, walaupun kamu membuka program yang berat seperti main game, kipas pada VGA tidak berputar sama sekali, hal inilah pertanda bahwa VGA kamu sudah mulai rusak.

Laptop Tiba-Tiba Restart

Terakhir sala satu tanda bahwa VGA mulai rusak adalah laptop sering mati tiba-tiba, hal ini dikarenakan VGA yang menampilkan grafis pada layar, sehingga jika VGA rusak maka tidak ada gambar yang akan ditampilan.

Silahkan periksa pada VGA laptop kamu, kamu juga bisa membawanya ke service center untuk melakukan perbaikan.

Demikian ulasan mengenai cara cek VGA laptop rusak atau tidak. Semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Sampai jumpa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *