6 Biaya Service Laptop Tidak Bisa Charge

1 min read

Biaya Service Laptop Tidak Bisa Charge

Berapa sih biaya service Laptop tidak bisa charge yang kamu keluarkan untuk memperbaikinya? Sebelum kamu membawanya ke tukang service, alangkah baiknya untuk mengetahui rincian harganya terlebih dahulu.

Masalah pada perangkat Laptop memang sangat beragam, karena banyaknya komponen yang ada pada satu laptop memungkinkan timbulnya banyak masalah hingga harga untuk memperbaikinya.

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada Laptop adalah tidak bisa di charge atau di cas, yang mana hal inilah yang membuat pengguna pusing karena harus mengeluarkan sejumlah uang untuk memperbaikinya.

Bagi kamu yang mengalami masalah laptop tidak bisa di charge, simak berikut ini rincian harga yang akan kamu keluarkan ketika memperbaikinya. Tentu saja dengan berbagai hal lain yang akan memberikan perbedaan harga nantinya.

Rincian Biaya Service Laptop Tidak Bisa Charge

6 Biaya Service Laptop Tidak Bisa Charge

Namun sebelum itu, masalah laptop tidak bisa di charge sendiri pastinya memiliki suatu penyebab, mulai dari port charge, kemudian baterai, hingga masalah pada IC laptop tersebut.

Oleh karena itu, berikut ini rincian harga untuk mengatasi masalah laptop tidak bisa di charge termasuk pada komponen yang akan kita bahas sebagai berikut ini.

Biaya Memperbaiki Port DC Jack di Laptop

Pertama, kamu pastinya tahu jika mengecas laptop, komponen pertama yang menyambungkan arus listrik adalah Port DC Jack.

Yang mana jika masalah terjadi pada port ini memungkinkan laptop tidak akan terisi, dan bahkan indikator charging tidak akan menyala.

Bagi kamu yang mengalami masalah pada Port DC Jack ini, untuk memperbaikinya dengan mengeluarkan kisaran harga Rp 100.000 – Rp 300.000, tergantung merek laptop kamu.

Biaya Charger Rusak

Tak hanya port DC Jack, kerusakan pada laptop yang tidak bisa di charge terletak pada charger itu sendiri.

Adapter Charger merupakan colokan yang menyambungkan arus listrik ke laptop, yang mana komponen ini terpisah dari laptop itu sendiri.

Nah untuk memperbaikinya, sebaiknya untuk membeli Charger Original dari merek yang kamu gunakan, harganya bervariasi mulai dari Rp 500.000 – Rp 800.000.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Lenovo Tidak Bisa di Cas

Biaya Memperbaiki Motherboard atau IC Charger

Untuk biaya service Motherboard atau IC Power membutuhkan skill khusus dalam memperbaikinya, tentu saja hal ini yang membuat harganya lebih mahal.

Bagi kamu yang mengalami masalah pada Motherboard dan IC power, biaya yang harus kamu keluarkan untuk memperbaikinya berkisar antara Rp 300.000 – Rp 600.000 tergantung dari merk laptop kamu.

Biaya Memperbaiki Chipset IO di Motherboard

Chipset IO merupakan salah satu pendukung dalam kinerja charging pada motherboard laptop, yang mana agar dapat memperbaiki kerusakan pada chipset IO ini kamu membutuhkan biaya service sebesar Rp 500.000.

Biaya Perbaikan Mosfet di Motherboard

Biaya service laptop tidak bisa charge berikutnya terletak pada masalah di bagian mosfet di Motherboard.

Membutuhkan keahlian khusus untuk memperbaiki masalah pada bagian ini, yang mana jika melakukan service, biaya yang kamu keluarkan berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 400.000an.

Biaya Short Circuit Laptop

Untuk biaya service terakhir jika kamu mengalami masalah pada laptop tidak bisa charge, mungkin salah satu penyebabnya adalah short circuit.

Yang mana bila ada kapasitor yang rusak, biaya yang harus kamu bebankan adalah berkisar antara RP 200.000 hingga Rp 300.000.

Baca Juga: Ciri-Ciri LCD Laptop Rusak Serta Cara Memperbaikinya

Demikian diatas merupakan biaya service Laptop tidak bisa charge. Semoga saja dapat berguna dan bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Sampai jumpa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *