Estimasi Biaya Service Laptop Mati Total

1 min read

Biaya Service Laptop Mati Total

Kamu harus tahu biaya service laptop mati total, yang mana jika mengalami masalah pada laptop, tidak perlu khawatir kamu bisa mengetahui estimasi berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengatasinya.

Sebagai perangkat elektronik, laptop merupakan perangkat yang rawan mengalami kerusakan, terlebih bagi kamu yang sering menggunakannya untuk aktivitas yang berat.

Cara penggunaan juga bisa dibilang harus benar-benar terawat, jika sembarang laptop kamu akan mengalami kerusakan dan bahkan akan mati total.

Biasanya laptop mati total disebabkan oleh komponen pada laptop yang tidak bekerja, bahkan dengan sekali saja laptop terkena air, maka laptop kamu akan langsung mati total.

Nah jika kamu mengalami masalah laptop mati total, berikut ini estimasi biaya service laptop mati total yang harus kamu siapkan untuk memperbaikinya.

Estimasi Biaya Service Laptop Mati Total

Estimasi Biaya Service Laptop Mati Total

Biasanya laptop mati total disebabkan oleh berbagai masalah, yang mana untuk memperbaikinya tergantung dengan jenis kerusakan pada laptop tersebut.

Na bagi kamu yang mengalami laptop mati total, berikut estimasi biaya service laptop mati total sesuai dengan jenis kerusakannya.

Kerusakan pada Mainboard (Motherboard)

Motherboard merupakan komponen yang menghubungkan semua komponen lain pada laptop, yang mana bisa dibilang sebagai induk komponen itu sendiri.

Masalah laptop mati biasanya memang disebabkan karena masalah pada motherboard, ada dua jenis kerusakan pada Motherboard, pertama kerusakan ringan dan kerusakan peran.

Kerusakan ringan dapat diperbaiki dengan melakukan service pada motherboard tersebut, estimasi harganya adalah sekitar Rp 200.000 – Rp 300.000, sedangkan kerusakan berat adalah kamu harus mengganti motherboard tersebut. Harganya mulai dari Rp 800.000 – Rp 2.000.000.

Baca Juga: Biaya Service Laptop Konslet Kena Air Yang Harus Kamu Siapkan

Kerusakan pada Software

Mati total juga bisa disebabkan karena software, yang mana sistem operasi Windows pada laptop yang bermasalah sehingga perangkat tidak hidup.

Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah, kamu bisa melakukan install ulang pada laptop dengan biaya sekitar Rp 50.000 saja.

Masalah Pada Layar

Mati total juga bisa disebabkan pada layar, yang mana walaupun mesin hidup, tidak akan muncul tampilan pada layar.

Na untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengganti layar pada laptop dengan estimasi biaya service laptop mati total sekitar Rp 700.000 hingga Rp 1 juta saja.

Sedangkan jika masalah pada kabel fleksibel memiliki harga service sekitar Rp 250.000 – Rp 100 ribu saja.

Baca Juga: Biaya Memperbaiki Layar Laptop Bergaris

Masalah Pada RAM

RAM merupakan komponen yang sangat penting agar laptop bisa hidup dan dapat digunakan, tanpa adanya RAM, maka Laptop tidak akan hidup.

Biasanya RAM memiliki memiliki beberapa tipe yang banyak digunakan saat ini, mulai dari DDR2, DDR3 dan DDR4.

Jika kamu mengalami masalah pada RAM DDR3, kau hanya perlu mengganti RAM seharga Rp 300.000 hingga Rp.400.000 saja. Sedangkan untuk DDR4, biasanya memiliki harga Rp 400.000 hingga Rp 500.000, untuk RAM 4GB.

Kerusakan pada Hardisk

Hardisk merupakan komponen penyimpanan data pada laptop, yang mana jika HDD ini rusak, tentu saja laptop tidak akan hidup.

Nah jika hal ini terjadi, estimasi biaya service laptop mati total yang bisa kamu keluarkan cukup murah. Disini kamu hanya perlu mengganti HDD baru dan melakukan perbaikan.

Atau sebaiknya kamu bisa menggunakan SSD, nah harganya sendiri mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 500.000 sesuai dengan penyimpanan, dan harga teknisi biasanya hanya Rp 100.000 saja.

Baca Juga: Biaya Service Laptop Tidak Bisa Charge

Nah diatas merupakan estimasi biaya service laptop mati total yang harus kamu keluarkan jika mengalami masalah pada laptop. Semoga saja dapat berguna dan bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *