Bagian Bawah Laptop Terkena Air? Ini Cara Mengatasinya

1 min read

Bagian Bawah Laptop Terkena Air? Ini Cara Mengatasinya

Bagi kamu yang mengalami masalah bagian bawah Laptop terkena air, ada beberapa langkah pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan agar tak perlu membawanya ke Service Center.

Laptop merupakan perangkat portable yang bisa menunjang pekerjaan berat, namun ketika bekerja atau bermain game kamu mengalami suatu yang diinginkan seperti terkena tumpahan air, tentu kamu akan bingun dalam mengatasinya.

Berbeda dengan terkena air pada bagian atas terutama pada keyboard, pada bagian bawah sendiri termasuk dalam masalah ringan. Kamu bisa mengantisipasi dengan beberapa langkah sebagai berikut ini.

Berikut ini Lenovoku.com akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi masalah bagian bawah Laptop terkena air, agar masalah tidak berlanjut, lakukan beberapa hal ini.

Cara Mengatasi Bagian Bawah Laptop Terkena Air

Bagian Bawah Laptop Terkena Air? Ini Cara Mengatasinya
sumber gambar: merdeka.com

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika bagian bawah laptop terkena air agar kerusakan tidak merambat dan semakin parah.

Matikan Laptop

Ketika air tumpah pada bagian bawah, laptop tidak akan langsung mati, karena air tidak akan langsung masuk ke bagian mesin.

Terdapat sebuah penyangga yang kecil yang mana terdapat ruang yang cukup jika air yang tumpah sedikit, namun jika banyak laptop akan langsung mati.

Nah jika yang tumpah sedikit, kamu harus segera mematikan laptop agar tidak konsel pada bagian mesin jika air masuk. Dengan cara ini, kamu akan menghindari masalah laptop mati total, jika air masuk pada bagian mesin.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Macet Tidak Bisa Dimatikan

Copot Baterai Laptop

Setelah mematikan laptop, berikutnya silahkan lepas baterai laptop, hal ini guna agar tidak terjadi konslet jika sewaktu-waktu kamu tidak sengaja menghidupkan laptop.

Pasalnya, jika kamu mengalami masalah terkena air, salah satu komponen penyalur daya harus benar-benar terhindar dari air, salah satunya adalah baterai.

Setelah dilepas, sebaiknya jangan menghidupkan laptop dan tunggu hingga benar-benar kering terlebih dahulu.

Keringkan Laptop dari Air

Jangan menghidupkan laptop ketika tertumpah air, walaupun laptop tidak mengalami kerusakan setelahnya.

Yang harus kamu lakukan adalah dengan mengeringkan laptop dengan mematikan dan melepas baterai hingga laptop benar-benar kering.

Taruh laptop di tempat yang tidak lembab dan juga tidak terlalu panas, kemudian tunggu hingga 2 atau 3 hari sebelum kamu menghidupkan laptop kembali.

Setelah benar-benar kering, masukan baterai kembali dan hidupkan laptop, dengan cara ini kamu dapat mengatasi masalah laptop yang terkena air.

Service Laptop, Jika Mati Total

Namun jika cara diatas tidak berhasil, dan laptop terkena tumpahan air yang cukup banyak sehingga menyebabkan mati total.

Langkah terakhir yang harus kau lakukan adalah dengan membawanya ke Service Center. Jika laptop terkena air kecil, memang tidak menyebabkan mati total.

Mati total pada laptop biasanya tertumpah air yang cukup banyak atau rendah, namun jika laptop mati, cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan membawanya ke service center.

Estimasi biaya yang harus kamu keluarkan untuk menservice laptop yang mati total akibat terkena air memang cukup beragam.

Hal ini tergantung dari komponen yang rusak karena terkena air, baik itu bagian motherboard, RAM atau yang lainnya.

Pastikan membawa ke service center resmi, dan jika kamu memiliki garansi sebaiknya klaim dengan garansi saja.

Baca Juga: Biaya Service Laptop Tidak Bisa Charge

Sedangkan untuk harganya sendiri bisa berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000.

Nah itu saja untuk cara mengatasi bagian bawah laptop terkena air, semoga saja dapat membantu dan bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Sampai jumpa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *