Mengetahui Cara Merekam Suara Di Laptop Windows 10: Mudah

Laptop atau yang sering disebut dengan komputer jinjing mempunyai sebuah fungsi yang lebih banyak, sehingga Anda perlu mempelajari Cara Merekam Suara Di Laptop Windows 10.

Komputer portabel ini adalah perangkat canggih yang membuat pekerjaan manusia lebih mudah. Berbagai bidang profesi kini membutuhkan alat tersebut, seperti dosen, dokter, freelancer, arsitektur, dan masih banyak lagi.

Padahal, meskipun Anda masih mahasiswa, Anda tetap membutuhkan komputer jinjing tersebut. Bentuknya fleksibel, sehingga Anda dapat bekerja kapan saja dan di mana saja. Apalagi saat ada pandemi covid-19 yang mengharuskan Anda berkomunikasi secara online.

Hal ini pada akhirnya membuat kebutuhan online meningkat. Cara Merekam Suara di laptop Windows 10 dibutuhkan untuk berbagai keperluan penting. Terutama, rekaman itu bisa menjadi bukti atau notulen untuk mengingatkan Anda setelah rapat.

Hadirnya Xbox Game Bar, Cara Rekam Suara di Laptop Tanpa Aplikasi

Ada berbagai macam cara Merekam Suara di laptop, tergantung kebutuhan pengguna. Jika hanya dijadikan sebagai bukti atau catatan berupa video, tentunya tidak memerlukan aplikasi seperti itu.

Dulu, fitur perekam layar ini cukup sulit untuk dilakukan, terutama pada zaman sebelum Windows 10. Anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga tertentu untuk digunakan sebagai perekam layar di PC.

Namun, ketika windows akhirnya di upgrade ke windows 10, perekaman layar menjadi lebih mudah. Hal ini dikarenakan Microsoft telah membuat inovasi baru berupa sebuah fitur bernama Xbox Game Bar.

Tak heran, munculnya Xbox Game Bar karena banyaknya kendala dalam menggunakan aplikasi tersebut. Di antaranya, laptop atau PC memiliki ruang terbatas, sehingga kehadiran aplikasi tambahan justru membuat perangkat menjadi lambat.

Oleh karena itu, Xbox Game Bar sangat membantu memudahkan kalian untuk bisa melakukan screen recorder tanpa perlu menginstal suatu aplikasi apapun. Dengan begitu, Anda tidak harus menghabiskan banyak ruang dan kinerja perangkat tetap optimal.

Tidak hanya menghemat ruang, menggunakan Xbox Game Bar juga cukup mudah, hanya dengan mengeklik beberapa opsi, pengguna sudah bisa mendapatkan file video dari tampilan di layar yang ingin mereka rekam.

Cara Merekam Suara di laptop Windows 10 ini dimulai dari, pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Caranya, dengan masuk ke menu “Settings” di menu Windows. Setelah itu, pilih menu yang bernama “Gaming.

Anda akan menemukan menu bernama Game Bar, itu adalah fitur yang harus diaktifkan. Cukup aktifkan dengan mengubah “Off” menjadi “On”, maka pengguna dapat langsung menikmatinya.

Berikut Rekam Suara Laptop Berbasis Windows

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cara Merekam Suara di laptop Windows 10 menggunakan Xbox Game Bar cukup mudah.

Setelah dinyalakan melalui menu Windows, Settings, Gaming, dan Game Bar, Anda bisa langsung menggunakannya.

Pertama-tama, pilih sebuah Logo Windows + G pada keyboard, lalu pilih menu “Capture” (ikon webcam” yang membuat tab baru muncul di layar perangkat. Selanjutnya, pengguna akan menemukan ikon tombol rekam.

Biarkan, hingga mencapai batas kebutuhan record Anda. Setelah selesai, pilih tombol hijau yang muncul di kanan atas.

Klik untuk menghentikan aktivitas perekaman. Kotak yang berisi tombol hijau juga menampilkan durasi rekaman Anda.

Para Pengguna juga bisa menemukan sebuah ikon mic dengan sebuah tanda dilarang, artinya Anda hanya ingin Merekam sebuah Suara audio dan visual pada layar, bukan suatu suara audio dari luar.

Untuk melihat hasilnya, pengguna dapat masuk ke folder video di menu capture. Pastikan kembali bahwa hasil video sesuai dengan keinginan Anda, sering terjadi miss seperti kebocoran suara saat Merekam Suaranya.

Untuk lebih mempermudah, Anda bisa menggunakan shortcut seperti Windows+G untuk membuka Game Bar tanpa perlu menggunakan mouse. Kedua, Windows + Alt + PrintScreen, shortcut ini bisa dijadikan pilihan screenshot.

Anda dapat mulai Merekam Suara dengan menekan tombol Windows + Alt + R, pengguna juga dapat menggunakannya saat selesai Merekam Suara. Ada juga Windows+Alt+M untuk memulai dan menghentikan perekaman dengan mikrofon di perangkat.

Cara Merekam Suara Suara di Laptop Windows 10

Cara merekam suara di laptop Windows 10 sangat mudah, tidak hanya untuk Merekam Suara aktivitas di layar, Anda juga dapat Merekam Suara audio atau suara, bahkan tanpa menampilkan visualnya.

Sama seperti video, rekaman audio juga memiliki tingkat kualitas yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Jika ingin mendapatkan hasil yang jelas tentunya harus menggunakan aplikasi seperti Audacity atau Ableton Live. Untuk pengguna Windows 10, berikut Cara Merekam Suara Di Laptop Windows 10:

Membuka Perekam Suara

Video Recorder adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk Merekam Suara audio dengan suatu tampilan yang cukup sederhana dan dapat ditemukan di perangkat Windows 10. Anda dapat mencarinya di menu Start dengan mengetikkan namanya.

Pilih Ikon Mikrofon

Temukan ikon mikrofon di bagian bawah panel kiri, bentuknya seperti lingkaran besar. Fungsinya untuk memulai dan menghentikan aktivitas perekaman. Anda dapat membuat jalan pintas dengan menekan Control+R pada keyboard.

Membuat Suara

Setelah perangkat Anda mengizinkan Anda Merekam Suara audio, buat suara sesuai dengan tujuan pembuatan file ini.

Misalnya kamu ingin membuat podcast bersama teman-teman, maka kamu bisa mulai membahas topik-topik menarik.

Jika terjadi kesalahan atau gangguan, pengguna dapat menjeda aktivitas perekaman dengan mengeklik opsi tombol jeda berupa dua garis vertikal membentuk segitiga hadap kanan. Artinya, perekaman akan dilanjutkan oleh perangkat.

Menyelesaikan Rekor

Setelah selesai merekam suara anda sendiri, Anda dapat mengeklik tombol stop, yaitu lingkaran besar dan kotak di dalam lingkaran. Untuk mendengar hasilnya, temukan di folder Rekaman Suara di bagian dokumen.

Berbagai Alasan Mempelajari Cara Merekam Suara Di Laptop Windos 10

Ada banyak alasan mengapa Anda perlu belajar dan mengetahui cara Merekam Suara di laptop windows 10. Meskipun perangkat kecil Anda yang biasa disebut smartphone juga dilengkapi dengan fitur ini.

Pertama, dengan mengetahui cara menggunakan perekam layar, pengguna dapat mengunjungi kembali aktivitas yang tidak dapat disimpan begitu saja.

Misalnya, kegiatan kelas selama rapat zoom karena Anda tidak punya waktu untuk membuat catatan. Rekaman akan membantu Anda meninjau materi di kelas online.

Dengan begitu, Para pengguna tidak akan kehilangan suatu materi meskipun kelas terkendala oleh sesuatu atau situasi dan kondisi tertentu. Kedua, Anda juga dapat menggunakannya untuk keperluan dokumentasi.

Banyaknya event yang diadakan secara online membuat Anda harus membuat dokumentasi, tidak lagi menggunakan kamera layaknya event offline, hanya screen recorder.

Banyaknya teknik untuk menampilkan berbagai file di layar perangkat Anda membuat pekerjaan menjadi jauh lebih mudah. Mempelajari cara merekam suara di laptop windows 10 juga mudah dan tidak memakan banyak waktu.

Demikian ulasan tentang Mengetahui Cara Merekam Suara Di Laptop Windows 10 semoga bermanfaat.

Seseorang Yang Tertarik Dalam Mengembangkan Hardskill Dan Soft Skill

Tinggalkan komentar